Nostalgia Hari Ini: Berdirinya Stadion Megah di Banjarmasin

Football5Star.com – Hari ini, pada 1974 silam resmi dibangun sebuah stadion termegah di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yakni Stadion 17 Mei. Stadion itu jua dibangun atas apresiasi pemerintah berkat perjuangan rakyat Kalsel yang berperan dalam Kedaulatan Indonesia.

Adalah Stadion 17 Mei yang berdiri pada 1974 dan diresmikan langsung oleh Gubernur Kalsel saat itu, Soebardjo. Dikutip dalam laman resmi klub, pemilihan nama 17 Mei sendiri karena sejarah perjuangan rakyat Kalsel dalam kedaulatan NKRI.

Kalimantan Selatan resmi memang memproklamasikan diri sebagai bagian dari NKRI pada 17 Mei 1949. Kala itu, Banjarmasin, dan beberapa daerah di Kalsel sempat menjadi teritori Belanda pada zaman penjajahan. Untuk itu, penamaan Stadion 17 Mei dipakai untuk menghormati perjuangan rakyat.

Nostalgia Hari Ini: Berdirinya Stadion Megah di Banjarmasin

Beberapa renovasi dilakukan pemerintah setempat. Pertama pada 1984 dengan membangun tembok di sekeliling stadion hingga mendrikan Tribune Barat. Kemudian stadion kembali direnovasi pada 1955 dengan memperbaiki kondisi fasilitas pennjang, seperti rumput, listrik, air dan sebagainya.

Renovasi kedua ini dilakukan setelah Barito saat itu tampil istimewa dengan menembus semifinal Liga Dunhill. Renovasi sendiri mendapat dukungan dari PT Barito Timber Group.

Renovasi Vital

Setelah sekian lama, dalam kurun 10 tahun terakhir stadion ini juga mengalami beberapa perubahan. Paling mencolok pada 2013 lalu. Stadion 17 Mei dirombak dan ditambah kapasitas tempat duduknya menjadi 30 ribu. Pembangunan itu dilakukan atas keberhasilan Barito Putera promosi.

Nah, stadion ini kembali direnovasi April tahun lalu dengan menambah Tribune Utama, seperti VVIP dengan biaya 13 Miliar. Itu disebut-sebut sebagai renovasi tahap pertama. Sedang, saat ini stadion tengah dalam renovasi tahap kedua. Uang yang disiapkan tak tanggung-tanggung, yakni mencaai Rp 40 miliar.

Nostalgia Hari Ini: Berdirinya Stadion Megah di Banjarmasin
Apahabar.com

Fokus dalam renovasi ini ada beberapa tempat. Mulai dari kembali menambah kapasitas Tribune VVIP, Tribune sayap kanan dan kiri, serta melakukan perombakan lapangan. Bahkan, stadion ini jua masih dikebut pengerjaannya meski di tengah pandemi virus corona.

“Tahap kedua ini merupakan lanjutan dari tahap pertama lalu. Finishing tribun VVIP, renovasi tribun lain, dan juga rumput lapangan. Nanti kalau memang masih ada yang perlu dibenahi, akan kita lanjutkan renovasi tahap tiga. Intinya kami ingin stadion ini representatif. Sesuai arahan Pak Gubernur, karena ini juga keinginan masyarakat Kalimantan Selatan, stadion ini harus bagus. Stadion ini akan menjadi ikon olahraga Kalsel,” bilang Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Selatan, Hermansyah.