Nostalgia Hari Ini: Chelsea “Terpeleset” di Final Liga Champions

Football5Star,com, Indonesia – Tepat hari ini, 12 tahun lalu, terjadi salah satu pertandingan bersejarah di Liga Champions.Yakni laga final Liga Champions 2008 antara Manchester United vs Chelsea. Laga ini untuk pertama kalinya terjadi All England Final di Liga Champions dan pertama kalinya final diadakan di Rusia.

Tapi sejarah dibalik laga ini bukan itu saja, di laga ini juga terjadi salah satu momen paling memalukan dalam sejarah sepak bola. Ya, insiden dimana kapten Chelsea, John Terry, terpeleset ketika menendang penalti.

Sebelum laga final, kedua tim menampilkan performa luar biasa di Premier League. Manchester United berhasil menjadi juara setelah hanya unggul dua poin saja dari Chelsea. Jelas karena fakta itu, sulit diprediksi siapa yang akan menang di laga final Liga Champions ini.

Jalannya Pertandingan

Bertanding di Stadion Luzhniki di depan 67 ribu penonton, pasukan Sir Alex Ferguson lebih dulu unggul pada menit ke-26 lewat megabintang mereka, Cristiano Ronaldo, setelah berhasil menyundul bola hasil umpan dari Wes Brown.

Tapi The Blues akhirnya bisa menyamakan kedudukan di penghujung laga babak pertama. Tendangan jarak jauh Michael Essien terdefleksi oleh Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand, arah bola berubah dan jatuh ke kaki Frank Lampard sebelum dia menendang bola ke gawang Edwin van der Sar. Skor 1-1 bertahan hingga jeda.

Babak kedua malah Chelsea yang terus menekan pertahanan United lewat Michael Ballack dan Essien. Juga dari tendangan melengkung Didier Drogba yang sempat membentur tiang gawang United. Tapi skor bertahan hingga akhir laga, dan memaksa laga dilanjutkan ke babak tambahan.

Babak tambahan berjalan seru, Lampard hampir membawa Chelsea unggul ketika tendangannya membentur mistar gawang. Dan pada babak kedua, Terry, menjadi penyelamat The Blues ketika dia berhasil melakukan goal line clearence dari tendangan Ryan Giggs.

Tensi panas laga pecah pada menit ke-116 ketika Drogba terlibat adu cekcok dengan Vidic, alhasil wasit Roman Sylsko memberi kartu merah kepada Drogba. Tapi dengan 10 orang Chelsea bisa memaksa laga masuk ke adu penalti.

Babak Adu Penalti

Nostalgia Hari Ini Chelsea 'Terpleset' di Final Liga Champions
Goal

Dua penendang pertama dari masing-masing tim berhasil mencetak gol. Pada penendang ketiga, pencetak gol untuk United, Cristiano Ronaldo, gagal setelah tendangannya terbaca oleh Cech. Dan sampailah pada penendang terakhir.

Kapten Chelsea, John Terry, menjadi algojo terakhir untuk bisa membawa The Blues untuk pertama kalinya menjadi juara Liga Champions. Di tengah derasnya hujan, Terry terpeleset ketika saat menendang bola, alhasil bola membentur tiang kiri gawang van der Sar.

Terry terlihat menahan tangis saat Lampard mencoba menenangkannya. Tetapi tangisan Terry pecah ketika Nicolas Anelka gagal mengeksekusi penalti dan membuat skor penalti menjadi 6-5. Manchester United menjadi juara Liga Champions untuk ketiga kalinya.

Nostalgia Hari Ini Chelsea 'Terpleset' di Final Liga Champions
manutd.com

Momen itu menjadi kenangan buruk bagi Terry, bahkan walaupun akhirnya dia bisa memenangkan Liga Champions 4 tahun setelah kejadian itu, dia masih sering mengalami mimpi buruk karena momen itu.

“Bahkan sampai saat ini, saya masih terbangun ditengah malam karena momen itu. Itu sangat mengganggu karena anda tidak bisa mengulanginya lagi, kesempatan itu. Kegagalan penalti itu masih membekas dalam hati saya,” ucap Terry pada April lalu.