Nostalgia Hari Ini: Claudio Pizarro Pecahkan Rekor Penampilan Bundesliga

Football5Star.com, Indonesia – Tepat hari ini, 25 September, 8 tahun yang lalu, pemain asal Peru memecahkan rekor penampilan pemain asing di Bundesliga. Pemain itu adalah Claudio Pizarro, dan rekor itu masih bertahan sampai saat ini.

Pada 25 September 2012 laga Bundesliga, Bayern Munich vs Wolfsburg, pelatih Jupp Heynckes memasukkan Pizarro pada menit ke-79 untuk menggantikan Mario Mandzukic yang mencetak 2 gol pada laga itu.

Nostalgia Hari Ini Claudio Pizarro Pecahkan Rekor Penampilan Bundesliga
Bavarian Football Works

Penampilan Pizarro itu membuat dia mencatatkan 337 penampilan. Itu membuat Pizarro menjadi pemain asing dengan jumlah penampilan terbanyak mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Levan Kobiashvili dan Ze Roberto dengan 336 penampilan.

Terus Bertambah

Pizarro datang ke Bundesliga pada tahun 1999 dengan memperkuat Werder Bremen. Saat itu usia dia masih 20 tahun. Walaupun masih berusia belia dan baru pertama kali menginjakan kaki di Eropa, Pizarro langsung menjadi pilihan utama. Dalam dua musimnya di Bremen, Pizarro mencatatkan 29 gol dari 56 penampilan di Bundesliga.

Performanya itu langsung membuat raksasa Jerman, Bayern Munich kepincut. Pizarro akhirnya pindah ke Bayern pada 2001 dan bermain di sana sampai 2007 sebelum pindah ke Chelsea. Hanya bertahan satu musim di Chelsea dia lalu kembali ke Werder Bremen sampai akhirnya kembali lagi ke Bayern pada 2012.

Pizarro baru mengumumkan pensiun pada musim lalu di Bremen pada usia 41 tahun. Total dia mencatatkan 490 penampilan di Bundesliga dengan 3 klub (Bremen, Bayern, Koeln). Pizarro sempat menjadi pemain asing dengan torehan gol terbanyak di Bundesliga sebelum disalip oleh Robert Lewandowski.

Claudio Pizarro sepekan ke depan akan menentukan masa depannya setelah pensiun.
Getty Images

Dengan torehan 197 gol, Pizarro merupakan top skorer keenam Bundesliga. Golnya pada 16 Februari 2019 melawan Hertha membuat dia menjadi pencetak gol tertua di Bundesliga dengan usia 40 tahun 227 hari mengalahkan Miroslav Vovata.

Dia juga memegang rekor sebagai pemain tertua yang bisa mencetak hat-tick di Bundesliga (37 tahun dan 151 hari) dan top skorer sepanjang masa Werder Bremen dengan 152 gol di semua kompetisi.

Total Claudio Pizarro mencatatkan lebih dari 15 gelar mayoritas saat dia bermain untuk Bayern Munich. Dia hanya menang satu gelar bersama Bremen, yaki DFB-Pokal musim 2008-09.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More