Nostalgia Hari Ini: Contekan Jens Lehmann Terjual Rp 17 Miliar

Football5star.com, Indonesia – Terpilihnya Jens Lehmann sebagai kiper nomor satu Jerman di Piala Dunia 2006 menuai kontroversi. Pasalnya masih ada Oliver Kahn yang masih punya pengaruh kental dalam tim.

Sampai laga pembuka melawan Kosta Rika, keputusan Juergen Klinsmann soal penjaga gawang masih menuai tanda tanya. Walau begitu sang pelatih tetap bergeming dan terus mempercayakan Jens Lehmann di bawah mistar.

Pada akhirnya keputusan ini bisa dibilang tepat. Sepanjang turnamen, kiper yang ketika itu masih berseragam Arsenal tampil apik. Salah satu kehebatannya yang tak terlupakan terjadi pada perempat final.

nytimes.com

Laga yang berkesudahan 1-1 harus dilanjutkan lewat adu penalti. Dan pada babak inilah Lehmann tampil luar biasa dengan menahan dua eksekutor Argentina. Der Panzer menang 4-2 dan lolos ke semifinal.

Yang menjadi perhatian pada babak adu penalti bukan hanya soal kemenangan Der Panzer atau aksi gemilang sang penjaga gawang. Tapi secarik kertas yang beberapa kali dilihat Lehmann sebelum para algojo Argentina menendang bola.

Belakangan, itu diketahui sebagai contekan yang dipersiapkan pelatih kiper, Andreas Koepke. Koepke membuat catatan soal kebiasaan para algojo Albiceleste dalam mengeksekusi penalti.

Hasilnya pun luar biasa. Lehmann sukses menepis tendangan Roberto Ayala dan Esteban Cambiasso. Jerman menang. Tapi setelah itu yang menjadi perbincangan hangat adalah contekan sang kiper yang melegenda.

sportbible

Beberapa tangkapan kamera menunjukkan betapa detailnya Andreas Koepke. Terlihat jelas hampir tidak ada tempat kosong di kertas tersebut. Di semua sisi ada coretan Koepke untuk Lehmann.

Jerman memang gagal di rumahnya sendiri setelah kalah menyakitkan dari Italia di semifinal. Tapi setelah Piala Dunia 2006 berakhir, cerita soal contekan sang kiper semakin luas diperbincangkan.

Sadar contekan itu mengubah hidupnya, mantan kiper Borussia Dortmund terus menyimpannya. Baru lima bulan kemudian, atau tepat hari ini 14 tahun silam, sang penjaga gawang menyumbangkan contekan berharganya itu ke sebuah badan amal.

Secarik kertas itu dilelang dan terjual sebesar 1 juta euro, atau Rp 17 miliar. Contekan yang ditulis dengan tangan Andreas Koepke dibeli oleh perusahaan kenamaan Jerman, Energie Baden-Wuerttenberg.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More