Nostalgia Hari Ini: Cristiano Ronaldo Resmi Diperkenalkan di Santiago Bernabeu

Football5Star.com, Indonesia – Tetap hari ini, 11 tahun yang lalu, terjadi salah satu momen yang penting bagi sepak bola dunia khususnya Real Madrid dan Spanyol. Ya, 6 Juli 2009 adalah hari dimana Cristiano Ronaldo diperkenalkan ke dunia sebagai pemain baru Real Madrid.

Sebelum ke Real Madrid, Ronaldo bermain di Manchester United dan memenangkan 3 Premier League beruntun (2007, 2008, 2009) dan juga Liga Champions di 2008. Dia juga memang berstatus pemain terbaik di dunia kala itu dengan memenangkan Ballon d’Or 2008.

Ronaldo dibeli dengan harga 80 juta pounds yang pada saat itu merupakan pemain termahal di dunia dengan kontrak 6 tahun dan gaji 11 juta euro per musim. Pemain asal Portugal itu merupakan bagian dari Los Galacticos kedua karena di tahun yang sama, Madrid membeli Kaka, Karim Benzema, dan Xabi Alonso.

Nostalgia Hari Ini Cristiano Ronaldo Resmi Diperkenalkan di Santiago Bernabeu
AS

Presentasinya di Santiago Bernabeu ditonton oleh 80 ribu suporter dan dihadiri oleh presiden Real Madrid, Florentino Perez, dan beberapa legenda seperti Hugo Sanchez dan Alfredo di Stefano. Ini merupakan rekor, mengalahkan 75 ribu suporter yang menonton presentasi Diego Maradona di Napoli pada 1984. Ronaldo memilihi nomor punggung 9 karena nomor favoritnya, 7, dipakai oleh Raul Gonzalez.

“Untuk saya, saya membuat impian masa kecil saya menjadi kenyataan, yang mana bermain untuk Real Madrid. Saya tak pernah menyangka stadion ini penuh. Ini adalah hari yang spektakuler. Saya sangat senang,” ucap Cristiano pada presentasi seperti dikutip The Guardian 2009 lalu.

Karier Cristiano Ronaldo di Real Madrid

Musim pertama CR9 pada saat itu ‘kurang begitu bagus’ untuk seorang Ronaldo. Dia gagal meraih satu gelar pun bersama Madrid walaupun dia berhasil mencetak 33 gol di semua kompetisi.

Cristiano Ronaldo, Rekor, Football5star real madrid
@ChampionsLeague

Tapi setelah itu, Ronaldo selalu mendapatkan minimal satu gelar dan mencetak minimal 40 gol di setiap musimnya. Bersama Los Blancos Ronaldo memenangi 15 trofi. 2 La Liga, 2 Copa del Rey, 2 Piala Super Spanyol, 4 Liga Champions, 2 Super Cup Eropa, dan 3 Piala Dunia Antarklub. Selain itu Ronaldo juga memenangkan 4 Ballon d’Or selama membela Los Blancos.

Dalam 9 tahun kariernya di Madrid, Ronaldo mencetak total 450 gol dari 438 laga. Hal itu menjadikan dia sebagai top skorer sepanjang sejarah Real Madrid. Dia dengan mudah mengalahkan rekor Raul Gonzalez yang membutuhkan 741 laga untuk mencetak 323 gol.

Cristiano Ronaldo akhirnya dijual oleh Madrid ke Juventus pada tahun 2018 dengan harga 100 juta euro.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More