Nostalgia Hari Ini: Debut Cristiano Ronaldo Bikin Repot Pemain Inter

Football5star.com, Indonesia – 14 Agustus 2002, Inter Milan bertandang ke markas Sporting Lisbon, Stadion José Alvalade di babak kualifikasi ketiga Liga Champions 2002-03. Inter yang saat itu diperkuat Iván Córdoba dan Marco Materazzi dibuat repot oleh debut pemain muda Sporting kala itu, Cristiano Ronaldo.

Sporting yang saat itu dilatih oleh Ladislau Boloni tidak langsung menurunkan Ronaldo sejak menit awal pertandingan. Dimotori oleh Ricardo Quaresma dan Paulo Bento, Sporting cukup percaya diri melawan Inter yang dilatih oleh Hector Cuper di babak pertama.

Nyatanya Inter memang cukup kesulitan menembus gawang Sporting di babak pertama. Duet Mohamed Kallon dan Christian Vieri di lini depan Inter tak mampu membobol gawang Tiago Ferreira. Boloni membuat perjudian di awal babak kedua.

Ia menarik keluar winger asal Spanyol, Tolito dengan pemain muda bernomor punggung 28, Cristiano Ronaldo. Si pemain muda ini sangat percaya diri begitu masuk ke dalam lapangan.

Tak berselang lama, aksi si pemain muda ini membuat repot dua pemain senior Inter, Luigi di Biagio dan Francesco Coco. Di lain kesempatan, ia membuat Matias Almeyda diberi peringatan oleh wasit karena menjatuhkannya. Almeyda juga sempat dibuat terkecoh oleh pergerakan Ronaldo selang beberapa menit kemudian.

Masuknya si pemain muda ini memang mengubah ritme permainan Sporting. Akselerasi dan determinasinya dari sisi sayap membuat hampir semua pemain Inter terpaku kepadanya. Meski laga ini jadi debut pertamanya di kompetisi internasional, tak ada rasa canggung dan grogi yang ia alami.

Ronaldo di debut pertamanya di kompetisi internasional bermain bak pemain profesional yang sudah cukup lama bertanding. Tak rasa sungkan dan grogi menghadapi para pemain yang lebih senior dibanding dirinya.

Menarik minat banyak klub dan menjadi mega bintang

Laga Sporting vs Inter berakhir tanpa gol di leg pertama. Sayang di leg kedua, Sporting menyerang dua gol tanpa balas. Meski begitu, publik melihat penampilan si pemain nomor 28 di leg pertama.

Penampilan impresif Ronaldo di leg pertama membuat banyak klub langsung jatuh hati. Sejumlah klub Liga Inggris seperti Arsenal bahkan diketahui hampir mendapatkan jasa Ronaldo. Namun takdir menuntun Ronaldo bermain untuk Manchester United pada 2003.

“Ada begitu banyak kontak dengan tim lain, Valencia adalah salah satunya,” kata Ronaldo.

“Saya bertemeu dengan Arsene Wenger dan akan pergi ke Arsenal. Saya berbicara dengan Barcelona, Real Madrid dan Inter juga. Tetapi setelah pertandingan persahabatan Sporting Lisbon melawan Manchester United, saya langsung tertarik, mereka juga tertarik untuk bernegosiasi dan mempercepat perekrutan saya,” tambah pemain Juventus ini.

Dengan nilai transfer 12,24 poundsterling atau setara dengan Rp 225 miliar, Ronaldo akhirnya bermain di Old Trafford. Debut pemain yang bernomor punggung 7 di United tersebut terjadi pada laga Liga Inggris lawan Bolton dengan skor akhir 4-0.

Memasuki musim 2006, Ronaldo tampil gemilang. Ia berhasil menorehkan 20 gol semusim dan membawa tim Setan Merah menjuarai juara Liga Inggris. Singkat cerita, Ronaldo akhirnya memutuskan untuk hijrah ke Real Madrid pada Juni 2009.

Pada Juli 2018, pemain kelahiran rumah sakit Dr. Nélio Mendonça, Portugal tersebut melanjutkan kariernya di Juventus. resmi bergabung ke Juventus dengan nilai transfer mencapai 100 juta euro atau sekitar Rp 1,6 triliun.

Cristiano RonaldoInter MilanJuventusNostalgia Hari IniSerie A ItaliaSporting Lisbon