Nostalgia Hari Ini: Debut Denis Law Bersama Manchester United

Football5Star.com, Indonesia – Hari ini, 18 Agustus, 58 tahun yang lalu, salah satu legenda besar sepak bola Britania Raya memulai debutnya bersama Manchester United, Denis Law. Pada tahun 1962, United harus merogoh kocek besar untuk mendatangkannya.

Law memulai kariernya bersama Huddersfield Town yang pada saat itu dilatih oleh Bill Shankly pada tahun 1956 di usia 16 tahun. Selama di Huddersfield, Law dilirik oleh tiga klub, Manchester United, Manchester City, dan Liverpool.

Daily Record

Shankly pindah ke Liverpool pada 1959 dan sebenarnya berniat untuk membawa Law juga, tapi saat itu The Reds tak mampu membayar biayanya. Pelatih United, Matt Busby, menawar harga 10 ribu pounds, tapi Huddersfield menolaknya. Barulah pada 1960, Manchester City berhasil merekrutnya dengan harga 55 ribu pounds, yang membuat dia pada saat itu pemain termahal Britania Raya.

Tapi performa buruk City saat itu membuat dia hanya bertahan satu tahun saja. Secara mengejutkan dia direkut oleh Torino dengan harga fantastis saat itu, 110 ribu pounds. Tapi saat itu, Law kesulitan bermain di Serie A. Di tahun 60-an gaya main catenaccio sangat populer di Italia, dan itu membuat para penyerang seperti dirinya kesulitan untuk mencetak gol.

Dan lagi-lagi, Law hanya bertahan satu tahun saya. Akhirnya dia pindah ke Manchester United dengan harga yang lebih mahal, 115 ribu pounds di tahun 1962.

Bersama Manchester United

18 Agustus, 1962, dia memulai perjalananya sebagai pemain United dengan mencetak gol pada laga melawan West Brom yang berakhir dengan skor 2-2. Tapi di musim pertamanya, United kesulitan di liga, mereka hanya berjarak 3 poin dari zona degradasi, tapi Law berhasil membawa United meraih Piala FA. Dia mencetak hattrick di semi final dan mencetak satu gol di final melawan Leicester.

Goal

Pada musim 1963-64, Law mencetak total 46 gol dari 42 laga di semua kompetisi. Performanya itu membuat dia meraih Ballon d’Or di tahun 1964. Dia merupakan orang Skotlandia pertama yang memenangkan penghargaan itu.

Bersama George Best dan Bobby Charlton (The United Trinity), Law sukses meraih dua gelar juara Liga Inggris di musim 1964-65 dan 1966-67. Sayang, cedera lutut yang dideritanya kambuh pada musim 1967-68, musim dimana United meraih trofi European Cup/Liga Champions pertamanya. Law tak bermain di babak semi final dan final.

manutd.com

Law mengalami penurunan performa setelah tahun 1969, dengan performa Manchester United yang makin kacau balau saat itu. Dia akhirnya pindah ke klub lamanya, Manchester City pada tahun 1973. Law memutuskan untuk pensiun setelah bermain di Piala Dunia 1974 bersama Skotlandia.

Bersama Manchester United, Denis Law mencetak total 237 gol dari 404 pertandingan. Torehan gol itu membuat dia menjadi top skorer ketiga United setelah Sir Bobby Charlton dan Wayne Rooney.

Denis LawManchester UnitedNostalgia Hari Ini