Nostalgia Hari Ini: Debut Diego Maradona bersama Argentina

Football5star.com, Indonesia – Diego Maradona merupakan salah satu legenda terbesar di dunia sepak bola. Tidak hanya di Argentina, Semua orang akan sepakat dengan label tersebut.

Tanpa Diego Maradona, Argentina mungkin hanya sekali juara dunia. Pun sebaliknya. Tanpa Argentina, El Diego mungkin tidak akan sebesar yang kita ketahui sekarang.

Anggapan ini tidak berlebihan. Bersama Maradona Tim Tango berhasil memenangkan Piala Dunia 1986, mengulang prestasi yang mereka buat delapan tahun sebelumnya.

Clarin

Maradona memang sudah mencuri perhatian sejak masih belia. Bahkan pada usia yang baru menginjak 16 tahun dia sudah merasakan caps bersama Albiceleste.

Dan momen bersejarah itu tercipta pada hari ini 44 tahun silam. Pemain bernama lengkap Diego Armando Maradona menjalani debut bersama timnas saat menghadapi Hungaria pada laga persahabatan.

Argentina Hantam Hungaria

Situasi saat itu sejatinya sedikit berbeda. Hungaria lebih superior. Mereka adalah kekuatan nyata sepak bola dengan mencapai dua final Piala Dunia (1938 dan 1954) dan tiga kali meraup medali emas Olimpiade (1952, 1964, 1968).

Sementara Albiceleste belum jadi apa-apa. Mereka hanya sekali mencapai final Piala Dunia pada edisi pertama 1930. Selebihnya taring negara Amerika Latin hanya teruji di tingkat regional saja dengan menjadi raja Copa America.

Walau kalah kelas, Argentina tampil digdaya hari itu. Mereka sukses mengalahkan Hungaria di stadion La Bombonera dengan skor cukup telak 5-1.

Pada babak pertama saja Albiceleste sudah memimpin empat gol tanpa balas. Hat-trick dibukukan Daniel Bertoni dan kemudian Leopoldo Luque menggenapi interval pertama dengan skor 4-0.

news18.com

Luque mencetak gol keduanya pada awal babak kedua. Sedangkan gol semata wayang Hungaria dicetak oleh Zombori Sandor pada menit ke-61.

Unggul 5-1, pelatih Ricardo Villa membuat beberapa perubahan. Strategi inilah yang menjadi awal mula seorang Diego Armando Maradona. Sang pelatih memainkan pemain yang kala itu masih berseragam Argentinos Juniors.

Masuk menggantikan Leopoldo Luque, Maradona memang tidak banyak membuat perubahan. Tapi pada 27 Febuari 1977 itu mata dunia telah dibuka oleh kehadiran bintang masa depan dan terhebat sepanjang sejarah Argentina.

ArgentinaDiego MaradonaNostalgia Hari Ini