Nostalgia Hari Ini: Debut Francesco Totti di Timnas Italia

Football5Star.com, Indonesia – Tepat hari ini, 10 Oktober, 22 tahun yang lalu, Francesco Totti yang masih berusia 22 tahun, menjalani laga pertamanya bersama timnas Italia senior. Totti mendapatkan cap pertamanya 6 tahun setelah menjalani debutnya bersama AS Roma pada usia 16 tahun.

Totti sudah bermain bersama timnas Italia dalam tingkatan usia sejak 1993 dimana dia berhasil mencapai babak final Euro U-16 1993 bersama timnas U-16 Italia.

Namun kariernya di timnas benar-benar bersinar saat dia berada U-21 Italia pada Euro U-21 1996. Saat itu timnas U-21 Italia diisi oleh pemain-pemain generasi emas seperti Fabio Cannavaro, Alessandro Nesta, Gianluigi Buffon, Marco Delvecchio dan masih banyak lagi. Mereka berhasil menjadi juara.

Nostalgia Hari Ini Debut Francesco Totti di Timnas Italia
Who Ate all the Pies

Kariernya di Timnas Italia Senior

Totti akhirnya mendapatkan cap pertamanya pada 10 Oktober, 1998. Dia dipanggil oleh pelatih Dino Zoff untuk melawan Swiss di kualifikasi Euro 2020. Azzurri berhasil menang 2-0 pada laga itu. Tapi sang pangeran Roma baru berhasil mencetak gol pertamanya untuk Italia pada laga persahabatan melawan Portugal dua tahun kemudian sebelum pagelaran Euro 2000.

Pada putaran final Euro 2000, Totti berhasil tampil apik dengan membawa Azzurri sampai ke final. Dia mencetak gol pada laga melawan Belgia di babak grup dan menjadi MOTM pada laga itu. Lalu mencetak gol keduanya pada laga melawan Romania di babak perempat final. Namun momen terbaiknya datang pada semi-final dimana dia mencetak gol penalti panenka saat babak adu penalti melawan Belanda. Sayang Italia harus kalah dari Prancis lewat golden goal dari David Trezeguet.

Nostalgia Hari Ini Debut Francesco Totti di Timnas Italia
Goal

Piala Dunia 2002 dan Euro 2004 merupakan masa yang kelam bagi Totti di timnas Italia. Pada Piala Dunia 2002 penampilannya di kritik oleh media Italia karena sering sekali gagal memaksimalkan peluang. Puncaknya tentu saja saat dia diusir keluar oleh wasit Byron Moreno karena dianggap melakukan diving pada laga melawan Korea Selatan.

Pada Euro 2004, dia berkelahi dengan Christian Poulsen di laga melawan Denmark di laga pertama. Totti dilarang bermain sampai semi-final, tapi dia tak perlu menjalani masa hukumannya, karena Italia sudah tersingkir di babak grup.

Namun Totti akhirnya bisa bangkit pada Piala Dunia 2006, dimana dia tetapi dipanggil oleh pelatih Marcelo Lippi walaupun mengalami cedera engkel panjang selama tiga bulan. Totti bahkan bermain dengan piringan metal di engkel yang belum dicabut pasca operasi. Namun walaupun begitu, Totti bermain di semua 7 pertandingan yang dimainkan Azzurri sebelum akhirnya menjadi juara.

Nostalgia Hari Ini Debut Francesco Totti di Timnas Italia
Chiesa Di Totti

Totti hanya mencetak satu gol lewat penalti di menit-menit akhir pada laga melawan Australia di babak 16 besar. Namun dia mencatatkan total 4 assist selama kompetisi.

Francesco Totti kemudian mengumumkan untuk pensiun pada 20 Juli 2007 dan menegaskan keinginannya untuk fokus bersama AS Roma. Sang Gladiator baru memutuskan pensiun dari dunia sepak bola 10 tahun kemudian.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More