Nostalgia Hari Ini: Debut Kontroversi Nwankwo Kanu Bersama Arsenal

Football5star.com, Indonesia – Nwankwo Kanu sempat divonis kelainan jantung ketika berseragam Inter Milan. Tapi hal tersebut tidak mengurungkan minat Arsenal untuk memboyongnya.

Januari 1999 Kanu akhirnya dibeli Arsenal seharga tujuh juta euro. Dia memang tidak langsung dimainkan Arsene Wenger.

Butuh waktu satu bulan untuk legenda Nigeria merasakan menit bermain. Momen itu terjadi pada hari ini 22 tahun silam.

arsenal.com

Nwankwo Kanu diturunkan saat menjamu Sheffield United pada babak kelima Piala FA. Laga yang berlangsung di stadion Highbury berjalan menarik. Terlebih saat Patrick Vieira membawa Meriam London unggul pada pertengahan babak pertama.

Awal babak kedua Arsenal kecolongan. Memanfaatkan lebar lapangan, Sheffield United menyamakan kedudukan melalui bomber andalan, Marcelo.

Skor imbang 1-1 membuat Arsene Wenger memasukkan Kanu pada menit ke-66. Debut sang bomber sejatinya berlangsung apik. Sayang, terdapat kontroversi yang menyertai laga perdananya itu.

Gol Kontroversi Berkat Nwankwo Kanu

Memasuki 10 menit terakhir, ada pemain Sheffield yang terkapar usai berduel dengan Dennis Bergkamp. Melihat sang rekan meringis kesakitan, kiper langsung membuang bola.

irishmirror

Wasit menghentikan laga agar sang pemain bisa mendapat perawatan. Ketika perhatian para penggawa The Blades tertuju pada rekannya yang cedera, bintang Arsenal, Ray Parlour, melakukan lemparan ke dalam.

Mendapatkan bola lemparan Ray Parlour, Nwankwo Kanu berlari kencang ke arah gawang lawan. Dengan penjagaan yang lowong karena tidak siapnya pemain Sheffield United, Kanu melepaskan umpan pada Marc Overmars untuk mencetak gol.

Tentu saja gol tersebut mendapat protes keras dari tim tamu. Mereka protes ke wasit dan bersitegang dengan Nwankwo Kanu yang tetap menggiring bola saat rekannya dalam perawatan.

Akan tetapi, protes tersebut tidak mengubah apa pun. Wasit tetap mensahkan gol Overmars tersebut. Arsenal pun keluar sebagai pemenang.

Cerita belum berakhir. Usai pertandingan Arsene Wenger mengakui gol kedua timnya tidak sah. Ia kemudian mengusulkan laga ulang.

Permintaan ini disetujui oleh Sheffield United dan FA. Laga ulangan akhirnya dilangsungkan 10 hari kemudian. Seperti halnya pada debut kontroversi Nwankwo Kanu, Arsenal kembali menang 2-1.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More