Nostalgia Hari Ini: Debut Matt Busby di Manchester Biru

Football5Star.com, Indonesia – Tepat hari ini, 2 November, 91 tahun yang lalu, mantan pelatih Manchester United, Matt Busby, menjalankan debutnya sebagai pesepakbola. Namun, banyak orang yang tak tahu, Matt Busby memulai debutnya bersama rival United, Manchester City.

Sir Matt Busby tentu saja sangat identik dengan United dengan prestasinya yang luar biasa sebagai pelatih. Patungnya terpampang di depan stadion Old Trafford. Namun saat berstatus sebagai pesepak bola, Busby malah bermain untuk dua rival United, City dan Liverpool.

Nostalgia Hari Ini Debut Matt Busby di Manchester Biru
Pinterest

Busby baru menjalani debutnya sebagai pemain setelah 18 bulan menandatangani kontrak dengan The Citizens pada 2 November 1929. Dia bermain di posisi inside left dan City menang 3-1 melawan Middlesbrough. Dia bermain total 12 kali pada musim itu dan mencetak 5 gol.

Namun pada musim 1930-31, pelatih City Peter Hodge merasa Busby lebih cocok bermain pada posisi half-back sebelah kanan. Dan terbukti setelah itu Busby mengembangkan reputasi sebagai pemain pintar dan pengumpan yang baik.

Musim 1931-32, Busby sudah menjadi pemain utama dan puncaknya pada musim 1933-34, dimana Busby membawa City meraih gelar Piala FA dengan mengalahkan Porstmouth 2-1 di Wembley. Gelar ini merupakan gelar satu-satunya yang Busby dapatkan sebagai pemain.

Pada 1936, Busby dijual ke Liverpool dengan harga 8 ribu pounds. Namun pada 1939, perang dunia kedua datang dan Busby masuk ke tentara regimen Liverpool. Busby juga menjadi pelatih di Korps Pelatihan Fisik Tentara Kerajaan. Di sini karier mulanya sebagai pelatih sepak bola.

Sebagai Pelatih

Nostalgia Hari Ini Debut Matt Busby di Manchester Biru
Sky Sports

Setelah perang dunia kedua usia, Busby menjadi pelatih Manchester United pada 1 Oktober 1945. Dia sangat sukses, dengan memberi The Red Devils 1 Piala FA, 3 gelar Liga, dan 3 gelar Charity Shield sampai 1957.

Namun pada musim 1957-58, skuad dan staff United mengalami kecelakaan pesawat di bandara Munich-Riem. 7 pemain dan 3 staff meninggal di tempat, 1 pemain meninggal di rumah sakit, dan 2 pemain tak bisa bermain sepak bola lagi. Busby sendiri selamat dan sembuh dalam waktu 9 minggu.

Namun, secara luar biasa, Busby membangun kembali United dengan para pemain yang selamat, salah satunya adalah Bobby Charlton dan merekrut beberapa pemain seperti Denis Law dan George Best, United kembali merajai Inggris dengan menjadi juara liga 2 kali dan Piala FA 1 kali dan puncaknya menjadi tim Inggris pertama yang menjadi juara European Cup, pada musim 1967-68. Matt Busby langsung mendapatkan gelar kestatria setelah itu.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More