Nostalgia Hari Ini: Debut Patrick Vieira di Arsenal

Football5Star.com, Indonesia – Pada hari ini, 16 September, 24 tahun yang lalu, seorang pemain muda berusia 20 tahun kelahiran Senegal memulai perjalanan kariernya di Arsenal. Pemain itu adalah Patrick Vieira.

Vieira sudah menunjukkan bakatnya sejak bermain di klub pertamanya, Cannes di usia 16 tahun. Dia sudah menjadi pemain utama di usia 17 tahun. Vieira pindah ke AC Milan pada 1995, tapi hanya bermain 2 kali untuk tim utama.

Barulah Arsenal merekrutnya pada Agustus 1996 dengan harga 3,5 juta pounds, 2 hari setelah pelatih Bruce Rioch dipecat. Saat itu The Gunners sedang bernegosiasi untuk mendatangkan pelatih baru, Arsene Wenger.

@Copa90

Namun, Vieira baru menjalani debutnya pada matchday ke-6 pada 16 September, melawan Sheffield Wednesday. Arsenal saat itu tertinggal pada menit ke-25 lewat gol dari Andy Booth. 3 menit setelah itu, Ray Parlour mengalami cedera dan langsung digantikan oleh Vieira.

Debut Vieira langsung berbuah manis, Arsenal berhasil mengontrol penguasaan bola selama 15 menit sisa babak pertama dan mendominasi babak kedua. The Gunners akhirnya berhasil comeback lewat gol dari David Platt dan hattrick dari Ian Wright.

Setelah itu, Vieira langsung menjadi pilihan utama Arsene Wenger, yang baru melatih pada Oktober karena harus memutus kontrak dengan klub lamanya, Nagoya Grampus. Tak butuh waktu lama untuk pemain kelahiran Dakar, Senegal, itu mendapat pujian dari rekan-rekannya yang lebih senior.

livedoor.com

“Sudah sejak lama kami memiliki pemain tengah yang melihat penyerang lari terlebih dahulu lalu melihat opsi lain. Dia membuat umpan luar biasa ke depan dan berhasil mencapai saya beberapa kali,” ucap Ian Wright, 2 bulan setelah Vieira menjalani debutnya.

Vieira akhirnya mencetak gol pertamanya pada 8 Desember melawan Derby County. Pada musim itu, Arsenal finis di posisi ketiga klasemen Premier League.

Karier Setelah Musim Debutnya

Musim selanjutnya adalah musim yang luar biasa bagi Vieira dan Arsenal. Mereka berhasil meraih double dengan memenangkan Premier League dan Piala FA. Vieira bermain 46 kali dan mencetak 2 gol di semua kompetisi.

@GilbertoSilva

Patrick Vieira menjadi kapten Arsenal pada 2002 setelah Tony Adams memutuskan pensiun. Dia menjadi kapten yang memimpin The Gunners menjalani musim terbaiknya dalam sejarah sepak bola Inggris. Ya, pada musim 2003-04, Arsenal menjadi juara Premier League dengan status invincible alias tak terkalahkan.

Total bersama Arsenal dia meraih 9 trofi termasuk 3 gelar Premier League. Vieira kembali ke Italia dengan memperkuat Juventus pada 2005 dan pindah ke Inter Milan pada musim selanjutnya. Dia mengakhiri kariernya di Manchester City pada 2011.

ArsenalNostalgia Hari IniPatrick Vieira