Nostalgia Hari Ini: Debut Pele Bersama Timnas Brasil

Football5star.com, Indonesia – Siapa tak kenal Pele? Dia adalah pesepak bola terbaik sepanjang masa. Pada 7 Juli 1957, pria bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento itu melakoni debutnya bersama Timnas Brasil.

Pele saat itu baru berusia 16 tahun 9 bulan. Ia bermain membela Tim Samba yang kalah 1-2 dari Argentina. Meski demikian, sang pemain muda langsung mencetak gol dalam debutnya.

Talenta yang dimiliki Pele sepertinya memang bakat dari Tuhan. Pasalnya, dia sukses menembus skuat Timnas Brasil, meski baru satu tahun berkarier sebagai pemain profesional.

solopos.com pele
solopos.com

Setelah melakoni debut, ia berhasil masuk ke skuat Brasil di Piala Dunia 1958 yang membuatnya menjadi pemain termuda di turnamen itu. Juga, Pele kemudian mencetak gol pertamanya di Piala Dunia saat melawan Wales yang membuatnya menjadi pemain temuda yang mencetak gol.

Sang legenda ternyata masih terus membuat kejutan dengan membuat hat-trick di semifinal melawan Prancis. Lagi-lagi, dia menjadi pemain termuda yang mencetak hat-trick di Piala Dunia. Ia pun sukses membawa Tim Samba juara Piala Dunia 1958.

Empat tahun berselang, ia kembali membantu Brasil jadi juara Piala Dunia 1962 meski harus absen di babak final karena cedera. Persembahan terakhir Pele untuk Brasil terjadi di Piala Dunia 1970. Dia menyumbang satu gol untuk bawa Brasil juara dengan mengalahkan Italia 4-1.

Sukses ini membuatnya jadi satu-satunya pemain yang sukses menjuarai Piala Dunia sebanyak tiga kali. Rekor ini masih tetap bertahan hingga saat ini.

Bakat Dicium Santos

ligalaga.id pele
ligalaga.id

Pele mendapatkan kontrak profesional dari Santos saat masih berumur 15 tahun. Saat berumur 16 tahun, ia langsung berhasil masuk ke tim utama Santos. Pada 7 September 1956 adalah hari debut Pele bersama Santos dan ia langsung menarik perhatian banyak kalangan ketika langsung mencetak gol.

Tidak berhenti sampai situ,di musim pertamanya menjadi pemain reguler Santos, ia langsung menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Brasil.

Selain Santos, Pele juga sempat membela New York Cosmos (1975-1977). Di dua klub tersebut, pria yang kini berusia 79 tahun itu mengoleksi 650 gol dalam 694 laga.

Sementara di Timnas Brasil, Pele mencatatkan 77 gol dalam 92 laga (rekor gol terbanyak untuk Tim Samba sampai saat ini).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More