Nostalgia Hari Ini: Debut Ronaldo di Corinthians

Football5Star.com, Indonesia – Tepat hari ini, 4 Maret, 12 tahun yang lalu, Ronaldo Nazario, kembali ke tanah kelahirannya, Brasil, setelah bermain kurang lebih 15 tahun di Eropa. Ronaldo kembali dengan memperkuat Corinthians. Tapi, kembalinya Il Fenomeno itu tidak disambut dengan baik oleh beberapa orang di Brasil.

Ronaldo bermain di Cruzeiro pada usia 16 tahun di musim 1993-94. Dia Hanya butuh satu musim itu untuk pindah ke Eropa. Setelah Piala Dunia 1994, Ronaldo pindah ke PSV Eindhoven atas saran dari Romario. Dari situlah dia menjelma menjadi salah satu pemain terbaik sepanjang sejarah sepak bola.

Setelah kurang lebih bermain selama 15 tahun di Eropa, memperkuat 5 klub raksasa, dan meraih banyak gelar, Il Fenomeno kembali ke Brasil. Dia menderita cedera lutut parah pada 13 Februari 2008, ketika mermperkuat AC Milan. Dia mengalami cedera lutut parah, kali ini di lutut kirinya. Seperti yang diketahui, Ronaldo mengalami cedera lutut yang serupa di lutut kanannya saat memperkuat Inter, dan membuat dia tak bisa bermain di sepanjang musim 2000-01.

Nostalgia Hari Ini Debut Ronaldo Nazario di Corinthians
Trivela

Akibatnya, Milan tak memperpanjang kontraknya pada akhir musim 2008-09. Dalam waktu setengah tahun, Ronaldo tak memiliki klub. Tapi dia berlatih bersama Flamengo, klub favoritnya, sambil melakukan penyembuhan cederanya. Tapi, pada Desember 2008, Ronaldo secara mengejutkan menandatangani kontrak dengan Corinthians, yang mana merupakan rival Flamengo.

Sontak keputusan itu langsung membuat fans Flamengo geram sampai mereka membakar jersey Ronaldo di depan kantor Flamengo. Il Fenomeno mengatakan bahwa dirinya memang latihan bersama Flamengo, tapi mereka tidak memberinya kontrak.

“Saya mengerti dengan sempurna, saya adalah fan Flamengo. Tapi saya berlatih dengan Flamengo selama empat bulan dan tidak menerima tawaran apa pun. Corinthians membuat tawaran yang akan memungkinkan saya melanjutkan karier saya,” kata Ronaldo.

Kariernya Bersama Corinthians

Nostalgia Hari Ini Debut Ronaldo Nazario di Corinthians
Football Fans Tribe

Ronaldo Nazario melakukan debutnya bersama Corinthians pada 4 Maret 2009, di ajang Copa do Brasil melawan Itumbiara. Empat hari kemudian, dia langsung mencetak gol perdananya di Campeonato Paulista melawan Palmeiras.

Dia bermain apik bersama Palmeiras, dengan mencetak 8 gol dari 9 laga, performanya itu bahkan membuat dia kembali dipanggil ke timnas Brasil. Ronaldo berhasil membawa Corinthians menjadi juara Campeonato Paulista 2009, dengan mencetak 10 gol dari 14 pertandingan. Pada tahun yang sama, Ronaldo juga membawa timnya juara Copa do Brasil, dengan dia mencetak gol di babak final melawan Internacional.

Performanya itu membuat dia mendapatkan perpanjangan kontrak sampai akhir musim 2011. Sayang, masalah cedera dan berat badan membuat performa Ronaldo tak lagi sama. Walaupun begitu, Il Fenomeno masih mampu mencetak 35 gol dari 69 pertandingan sampai akhir musim 2011, dimana dia akhirnya memutuskan untuk pensiun pada usia 34 tahun.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More