Nostalgia Hari Ini: Debut Sempurna Barkaoui dan Kosin di Persib Bandung

Football5Star.com, Indonesia – 11 Februari 2006 mungkin menjadi hari yang tak terlupakan buat dua mantan pemain asing Persib Bandung, Redouane Barkaoui dan Sinthaweechai Kosin Hathairattanakool. Sebab, pada saat itu keduanya langsung tampil istimewa dalam laga debut bersama tim kebanggaan masyarakat Bandung dan sekitarnya.

Saat itu, Persib yang dinakhodai oleh Arcan Iurie memang belanja pemain habis-habisan. Mereka mendatangkan sejumlah nama tenar. selain Redouane Barkoui dan Kosin, Persib juga berhasil mendaratan Antonio Claudio.

Persib sebenarnya sempat tertatih di awal musim lalu mendapat angin Usai menang atas PSIM Jogjakarta. Hingga pada 11 Februari 2006, mereka kedatangan tamu sulit, yakni Arema Malang. Dalam partai di Stadion Siliwangi, Bandung, itu ada dua pemain yang diberi debut oleh Arcan Iurie, yakni Kosin dan Barkaoui.

Sesua prediksi, Arema memberikan perlawanan yang hebat buat Persib sepanjang babak pertama. Beruntung, Kosin Hathairattnakool bermain istimewa dalam debut mengawal mistar gawang Maung Bandung.

Paruh kedua, Persib agak bermain tenang hingga akhirnya menit ke-56 seisi Stadion Siliwangi bersukacita. Ya, pemain yang baru direkrut, yakni Barkaoui sukses membuat gol dalam laga pertama berseragam Persib. Dia berhasil memanfaatkan umpan manis dari Charis Yulianto kala itu.

Arema sejatinya sempat mendapat peluang emas ketika mendapat hadiah penalti menit ke-67. Hal itu setelah wasit Endra Kardiana menganggap Kosin melanggar Firman Utina. Gantian Kosin yang unjuk gigi dalam debutnya. Kiper asal Thailand itu mampu membaca arah bola eksekusi Emalue Serge.

Skor 1-0 berkat gol debut Redouane Barkaoui dan aksi apik Kosin bertahan hingga peluit panjang. Hasil itu membuat Persib meraih dua kemenangan beruntun. Mereka lantas naik ke urutan ke-10 Wilayah Barat dengan 6 poin hasil dua menang dan 4 kalah.

Kosin Persib
Foto: indosport.com

Masuk Jajaran Debutan Terbaik

Gol Barkaoui itu masuk dalam jajaran debutan terbaik di Persib Bandung. Dia masuk 10-besar pemain dengan menciptakan gol debut tercepat buat Maung Bandung.

Nostalgia Hari Ini: Debut Sempurna Barkaoui dan Kosin di Persib

“Menurut catatan, gol debut Barkaoui hanya berselisih dua menit dari Wander Luiz, yakni pada menit ke-56. Berkat satu gol debutnya tersebut Persib berhasil menaklukkan Arema dengan skor 1-0, di Stadion Siliwangi, 11 Februari 2006,” tulis laman resmi Persib.

Sejauh ini, Hilton Moreira masih jadi pemain dengan mencetak gol debut tercepat di Persib. Dia mencetak gol pertamanya buat tim kebanggaan masyarakat Bandung dan sekitarnya itu hanya 25 detik saat melawan Persela Lamongan, 13 Juli 2008.

Total selama membela Persib, Barkaoui membukukan 15 gol dari 55 pertandingan dari berbagai kompetisi. Kisah Redouane Barkaoui dan Persib pun berakhir pada 2008. Sementara Kosin Hathairattanakool, tercatat mengoleksi 33 pertandingan pada 2008 dan 11 laga saat masa peminjaman dari Chonburi 2009.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More