Nostalgia Hari Ini: Debut Timnas Prancis di Stade de France

Football5Star.com, Indonesia – Tepat hari ini, 28 Januari. 23 tahun yang lalu, terjadi momen bersejarah untuk sepak bola Prancis, dimana timnasnya akhirnya memiliki stadion sendiri, Stade de France. Stadion itu nantinya akan menjadi saksi bersejarah untuk Les Bleus.

Timnas Prancis sebelumnya tak memiliki stadion sendiri. Mereka sering berpindah-pindah stadion seperti Parc des Princes atau Stade Olympique Yves du Manoir. Terkadang mereka juga memakai Stade Pershing, Stade de Paris dan Stade Buffalo untuk laga-laga kecil.

Namun dengan terpilihnya Prancis sebagai tuan rumah Piala Dunia 1998, pemerintah Prancis dan Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) memutuskan untuk membuat stadion dengan kapasitas lebih dari 80 ribu dengan semua tempat duduk terlindungi dari sinar matahari di Saint-Denis, Paris.

Getty Images

Pembangunan dimulai pada 2 Mei 1995 dan dibangung dengan biaya 290 juta euro. Nama Stade de France sendiri merupakan saran dari legenda besar Prancis, Michel Platini.

Saksi Bersejarah

Stadion diresmikan pada 28 Januari 1998 dengan memainkan laga persahabatan antara Prancis vs Spanyol. Laga berakhir untuk kemenangan Les Bleus, 1-0 dengan Zinedine Zidane mencetak gol satu-satunya setelah memanfaat bola muntah dari tendangan Youri Djorkaeff. Laga itu ditonton oleh 78 ribu penonton termasuk Presiden Prancis, Jacques Chirac.

Timnas Prancis kembali ke sana 6 bulan kemudian, tepatnya di final Piala Dunia 1998 melawan Brasil. Les Blues menang 3-0 dan menjadi juara Piala Dunia untuk pertama kalinya. Stade de France sendiri dipakai di babak grup, perempat final, semi final, dan final.

Bukan hanya untuk Prancis, Stade de France juga menjadi saksi bersejarah untuk dua klub raksasa Spanyol, Real Madrid dan Barcelona. Stadion itu menjadi tuan rumah Liga Champions 2000 dimana Real Madrid mengalahkan Valencia dengan skor 3-0. Stade de France kembali menjadi tuan rumah di kompetisi yang sama pada 2006 dan kali ini Barcelona yang menjadi juara dengan mengalahkan Arsenal 2-1.

Namun, Prancis juga memiliki momen buruk di stadion ini. Tepatnya pada Euro 2016, dimana Les Bleus harus kalah 1-0 di final melawan Portugal.

Nostalgia Hari IniPrancisStade de FranceTimnas Prancis