Nostalgia Hari Ini: Dimulainya Kompetisi Bernama Piala Champions

Football5Star.com, Indonesia – Tepat hari ini, 4 September, 65 tahun yang lalu, sebuah pertandingan yang mempertemukan Sporting Lisbon vs Partizan Belgrade dimulai. Pertandingan itu adalah pertandingan pertama kompetisi Piala Champions (European Cup) atau sekarang dikenal dengan nama Liga Champions.

Kompetisi ini digagas oleh editor majalah Prancis, L’Equipe, Gabriel Hanot. Berbeda dengan Liga Champions yang kita kenal saat ini, Piala Champions di musim pertamanya hanya ada 16 tim dan memiliki format sistem gugur.

Saat itu, klub yang mengikuti kompetisi ini adalah klub yang dipilih langsung oleh L’Equipe. Majalah asal Prancis itu mengundang klub yang menurutnya terbaik atau paling tidak juara bertahan di liga masing-masing. Tapi ada beberapa klub yang menolak undangan tersebut.

Nostalgia Hari Ini Dimulainya Kompetisi Bernama Piala Champions
uefa.com

Chelsea yang merupakan juga bertahan Liga Inggris kala itu menolak undangan tersebut, begitu juga juara Liga Skotlandia, Aberdeen. Karena itu, tak ada wakil Inggris di musim pertama Piala Champions, Chelsea digantikan oleh klub Polandia, Gwardia Warszawa sementara Aberdeen digantikan oleh sesama klub Skotlandia, Hibernian.

Tiga klub Belanda juga menolak undangan itu, Holland Sport, Honved, dan AB. PSV yang akhirnya menjadi wakil dari Belanda.

Penentuan masing-masing pertandingan di awal babak 16 besar juga sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara, bukan lewat sistem undian atau drawing.

Real Madrid Juaranya

Pertandingan pertama kompetisi ini mempertemukan wakil Portugal, Sporting melawan wakil Yugoslavia, Partizan, di Stadion Nacional, Lisbon. Laga itu sudah menjadi laga penuh gengsi karena sudah dihadiri 33 ribu penonton. Laga itu berakhir dengan skor 3-3.

Nostalgia Hari Ini Dimulainya Kompetisi Bernama Piala Champion
pinterest

Pertandingan yang paling disorot pada kompetisi Piala Champions 1955-56 adalah laga semi final yang mempertemukan dua raksasa, Real Madrid vs AC Milan. Wajar saja, pada leg pertama, laga itu ditonton oleh 129 ribu penonton di Santiago Bernabeu yang sampai saat ini merupakan rekor penonton terbanyak di Stadion itu. Laga berakhir dengan skor 4-2, dan Milan hanya bisa membalas dengan skor 2-1 di leg kedua.

Pertandingan final diadakan di stadion Parc des Princes di Paris yang mempertemukan Real Madrid melawan wakil Prancis, Reims. Los Blancos menang dengan skor 4-3 dan menjadi juara pertama Piala Champions. Madrid terus menguasai kompetisi Piala Champions sampai tahun 1960.

Piala Champions berubah format dan nama menjadi Liga Champions pada musim 1992-93 dan saat ini menjadi salah satu kompetisi olahraga paling prestisius di dunia.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More