Nostalgia Hari Ini: Ledakan Dinamit Denmark di Swedia

Football5star.com, Indonesia – Cerita negeri dongeng acap kali terjadi di dunia nyata. Termasuk dalam urusan sepak bola. Dan Denmark adalah salah satu negara yang pernah menelurkan cerita emas ala negeri dongeng.

Cerita dongeng Denmark terjadi pada gelaran Euro 1992 di Swedia. Keluarnya Tim Dinamit sebagai juara adalah keajaiban. Bagaimana tidak, mereka sejatinya tidak lolos ke putaran final.

Pada babak kualifikasi Denmark harus mengakui keunggulan Yugoslavia sebagai pemimpin grup. Mereka pun sudah pasrah tak bisa mentas di negara tetangganya.

Game of the People

Akan tetapi konflik berkepanjangan yang pecah di Yugoslavia membawa angin segar untuk Brian li Laudrup dan kolega. Hanya 11 hari sebelum turnamen digelar, mereka ditetapkan sebagai pengganti negara yang tengah berkecamuk oleh perang saudara.

Seperti halnya negara yang tidak siap tempur, Denmark mengawali laga dengan kekecewaan. Mereka ditahan imbang Inggris di laga pembuka dan takluk 0-1 dari tuan rumah Swedia. Beruntung, pada laga terakhir melawan Prancis mereka menang 2-1 dan mengamankan tiket perempat final.

Juara Eropa Setelah Kalahkan Juara Dunia

Sukses mengalahkan Belanda lewat adu penalti, Tim Dinamit melenggang ke final dan berhadapan dengan sang juara dunia, Jerman, pada hari ini 28 tahun silam. Perbedaan kelas terpampang jelas dari skuat kedua negara.

Jerman punya bintang jempolan seperti Lothar Matthaeus, Stefan Effenberg, Matthias Sammer, hingga Juergen Klinsmann. Sedangkan anak asuh Richard Moller Nielsen hanya mengandalkan Peter Schmeichel dan Brian Laudrup. Ya, tidak ada nama Michael Laudrup dalam tim.

Bermain tanpa beban, Denmark membuktikan kehebatannya. Laga berjalan 18 menit, John Jensen sudah membuat 37 ribu suporter yang datang ke stadion Ullevi bersorak.

fifa

Keunggulan ini memang membuat tim besutan Richard Moller Nielsen terus ditekan sepanjang pertandingan. Tapi justru dinamit mereka yang kembali menghancurkan panser. Gol Jensen Kim Vilfort pada menit ke-78 memastikan gelar Piala Eropa 1992.

Hingga sekarang ini merupakan gelar pertama Denmark. Sejak juara di Swedia, negara Skandinavia itu kembali pada habitat aslinya. Jangankan untuk mempertahankan gelar, menembus putaran final Euro atau Piala Dunia saja mereka kesulitan.