Nostalgia Hari Ini: Dunia Diguncang Vuvuzela dari Afrika Selatan

Football5star.com, Indonesia – Hari ini 10 tahun silam, publik sepak bola dunia dibuat sumringah setelah gelaran Piala Dunia 2010 resmi dibuka di Stadion Soccer City, Johanesburg, Afrika Selatan. Ini merupakan kali pertama Piala Dunia digelar di benua Afrika.

Afrika Selatan resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia 2010 oleh presiden FIFA, Sepp Blatter, pada 14 Mei 2004. Ketika itu, mereka sukses mengalahkan negara Afrika lainnya, Maroko dan Mesir.

Upacara pembukaan Piala Dunia 2010 pun berlangsung meriah. Total, ada sekitar 1500 orang penampil yang turut serta dalam upacaraan pembukaan ini.

Britannica

Tak hanya itu, upacara pembukaan ini juga menjadi kali pertama publik dunia diguncang dengan suara vuvuzela yang menggema di Stadion Soccer City. Instrumen khas Afrika Selatan itu pun menjadi salah satu momen yang tak terlupakan dari Piala Dunia 2010.

Sebagai tim tuan rumah, Afrika Selatan mendapat kehormatan untuk melakoni pertandingan pembuka Piala Dunia 2010. Pertandingan pembuka antara Afrika Selatan vs Meksiko dilakukan dua jam setelah upacara pembukaan usai.

Pertandingan ini berkahir dengan skor imbang 1-1. Gol dari tuan rumah dicetak oleh Siphiwe Tshabalala pada menit ke-55. Sementara, gol dari Meksiko dicetak oleh Rafael Marquez 11 menit jelang laga usai.

Afrika SelatanFIFANostalgia Hari IniPiala DuniaPiala Dunia 2010