Nostalgia Hari Ini: Everton Bikin Liverpool Kehilangan Sang Legenda

Football5star.com, Indonesia – Sejarah selalu terulang. Februari tahun ini bisa dibilang jadi periode sulit bagi Liverpool di bawah asuhan Juergen Klopp. Akhir pekan lalu, Liverpool keok oleh rival abadi mereka, Everton di Stadion Anfield. Hari ini, 22 Februari 1991, Everton juga bikin Liverpool kehilangan legenda mereka.

Kenny Dalglish, 30 tahun lalu secara mengejutkan memilih untuk mundur sebagai pelatih Liverpool. Keputusan King Kenny untuk hengkang dari Anfield tak lepas dari hasil imbang 4-4 Ian Rush dkk saat melawan Everton di Stadion Goodison Park pada 17 Februari 1991.

Nostalgia Hari Ini: Everton Bikin Liverpool Kehilangan Sang Legenda
liverpoolecho.co.uk

“Kami baru saja menjalani pertandingan luar biasa melawan Everton dan bermain imbang 4-4. Kami unggul empat kali dan Everton terus bangkit, itu adalah pertandingan yang fantastis untuk ditonton. Kenny tidak menunjukkan tanda-tanda apapun malam itu, tetapi dua hari kemudian dia mengundurkan diri,” ucap Ian Rush seperti dikutip Football5star.com dari The Guardian.

Ian Rush dan penggawa Liverpool lain tentu saja kaget dengan keputusan King Kenny. Pasalnya pada awal bulan Februari 1991, Liverpool bermain cukup apik. Mereka mampu menang 3-1 atas Everton di Anfield lewat gol Jan Molby dan dua gol David Speedie.

Hampir semua pemain The Reds pada periode tersebut mengaku bingung dengan keputusan King Kenny. “Saya sama sekali tidak tahu tentang apa yang terjadi dan begitu pula dengan pemain lain. Mungkin bisa tanya ke Alan Hansen, dia teman terdekatnya,” kata Ray Houghton.

“Di ruang ganti setelah hasil 4-4 dengan Everton, kami memang tidak tahu apa yang terjadi selanjutnya. Kenny diam setelah itu tetapi memang dia cukup sering diam, meskipun kami bermain cukup baik,”

Namun diakui oleh Ray Houghton, pertahanan The Reds saat itu memang cukup rapuh dan King Kenny beberapa kali menyoroti hal tersebut.

“Kami mengalami beberapa kesalahan pertahanan yang memang mengerikan sebagai sebuah tim. Saya mendapat kesan bahwa dia sangat kecewa dengan hal itu,” ucap Houghton.

Kenny Dalglish di Mata Penggawa Liverpool

Sir Kenneth Mathieson Dalglish MBE melatih Liverpool dari 1985 hingga 1991. Pada periode pertamanya melatih The Reds, Kenny memberikan 10 gelar kepan Anfield Gank. Di mata para penggawa Liverpool, King Kenny memang sosok pelatih luar biasa.

Ia memiliki loyalitas yang tinggi kepada klub dan pelatih yang bisa membuat pemain merasa nyaman. Begitu yang ditulis Ian Rush tentang mantan pelatihnya tersebut.

Nostalgia Hari Ini: Everton Bikin Liverpool Kehilangan Sang Legenda
liverpoolecho.co.uk

“Dia adalah manajer yang hebat. Dia biasa mengambil semua tekanan dari para pemain dan menumpuknya pada diri sendiri. Tapi memang dia selalu menjadi orang yang sangat tertutup dan saya tidak pernah bertanya mengapa dia melakukannya,”

Sementara Ray Houghton memiliki cerita tersendiri soal loyalitas King Kenny untuk The Reds. King Kenny kata Houghton terkadang lebih memilih untuk menomorduakan keluarganya jika kondisinya tidak terlalu penting.

“Anak laki-laki Kenny, Paul tinggal di Amerika, tetapi jika dia menelepon dan berkata mobilnya rusak, Kenny akan langsng menuju ke bengkel untuk segera dilakukan penjemputan. Tapi dia tidak akan pergi begitu saja untuk keluarga. Dia memberi begitu banyak kepada keluarga korban Hillsborough,” ucap Houghton.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More