Nostalgia Hari Ini: Generasi Emas Spanyol Hat-trick Gelar Internasional

Football5star.com, Indonesia – Pada 1 Juli 2012, generasi emas Timnas Spanyol melengkapi hat-trick gelar internasional. Iker Casillas dan kawan-kawan sukses menjuarai Piala Eropa 2012.

Pada laga final, Tim Matador menggulung Italia dengan skor 4-0. Adalah David Silva, Jordi Alba, Fernando Torres, dan Juan Mata yang menjadi pahlawan La Furio Roja di partai puncak. Dengan trofi ini, Timnas Spanyol menegaskan dominasinya di dunia sepak bola.

bleacherreport spanyol
bleacherreport

Setelah merebut Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010, trofi Piala Eropa 2012 menjadi hat-trick yang diciptakan Spanyol. Itu adalah Piala Eropa ketiga bagi Spanyol dan menyamai rekor Jerman.

Rekor itu juga dilengkapi dengan fakta Spanyol mampu merebut Piala Eropa dua kali berturut-turut dan menjadi pemenang final dengan skor terbesar.

“Kemenangan ini sangat bersejarah bagi persepakbolaan Spanyol,” kata Pelatih Vicente Del Bosque, yang juga membawa tim nasional Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010.

Trofi Piala Eropa 2012 menjadi trofi pamungkas bagi La Furia Roja, mengingat semakin merosotnya performa Andres Iniesta dan kawan-kawan di tiga edisi kompetisi berselang, Piala Dunia 2014, Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018 lalu.

Tiki-Taka

ctvnews.ca spanyol
ctvnews.ca

Salah satu kunci sukses Spanyol mendominasi sepak bola dunia adalah gaya bermain tiki-taka. Tiki-taka adalah strategi dengan mengandalkan umpan-umpan pendek dan pergerakan cepat para pemainnya untuk membongkar pertahanan lawan.

Hal itu bermula dari kesadaran dari Pelatih Spanyol Luis Aragones di 2008 mengenai postur pemain-pemain yang mereka bawa. Penggawa Spanyol bakalan kesusahan kalau harus beradu otot dengan lawan-lawannya.

Mengalirkan bola dengan cepat sembari mengatur pergerakan pemain menjadi solusi untuk mempertahankan ball possession.

Spanyol kemudian menjuarai Piala Eropa 2008 dengan catatan sip. Dalam enam pertandingan, Spanyol menang 5 kali dan sekali seri. Ada 3 clean sheet yang dibukukan oleh Spanyol untuk mengakhiri puasa gelar selama 44 tahun itu.

Di final ajang yang berlangsung di Austria-Swiss, Spanyol menang 1-0 atas Jerman. Fernando Torres menjadi penentu kemenangannya.

Melihat kesuksesan tersebut, gaya bermain ini dipertahankan Spanyol di Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012. Hasilnya, Tim Matador hattrick gelar internasional!