Nostalgia Hari Ini: Gianfranco Zola, Pelatih Luar Britania Pertama West Ham

Football5star.com, Indonesia – West Ham United adalah salah satu klub tradisional Inggris. Kendati kiprahnya tidak terlalu mencolok beberapa musim terakhir, keberadaan mereka tetap diperhitungkan.

Sebagai klub tradisional dan memiliki sejarah panjang di belantika sepak bola Inggris, West Ham United cukup dikenal sebagai klub yang hanya percaya pada orang-orang lokal. Ini setidaknya mereka lakukan dalam urusan pelatih.

Selama puluhan tahun kursi pelatih The Hammers selalu diisi orang-orang Britania Raya. Bahkan bisa dibilang pelatih asli Inggris selalu jadi pilihan utama di sana.

zimbio.com

Sebelum tahun 2008, klub London Timur sudah ditangani 12 nakhoda. Hanya satu yang berasal dari Skotlandia. Sedangkan 11 lainnya asli Inggris.

Baru pada 2008 West Ham United mendobrak sejarah. Dan sejarah baru itu pun tercipta pada hari ini 12 tahun silam kala mereka menunjuk Gianfranco Zola sebagai peramu taktik.

Ya, Gianfranco Zola menjadi pelatih luar Britania pertama West Ham selama klub itu berdiri. Pria Italia ditunjuk untuk menggantikan posisi Alan Curbishley yang mengundurkan diri seminggu sebelumnya.

Bukan tanpa alasan The Hammers berani berjudi dengan legenda Chelsea. Semasa bermain dia adalah bintang terkenal. Kehebatannya di Inggris pun sudah teruji karena tujuh musim menjadi pembeda di The Blues.

dailymail.co.uk

Akan tetapi, bukan perkara mudah untuk Zola menangani klub yang waktu itu masih bermukim di Upton Park. Itu adalah tugas pertamanya sebagai pelatih kepala setelah sebelumnya hanya menjabat asisten pelatih tim U-21 Italia.

Kendati demikian, musim pertama berjalan manis untuk Gianfranco Zola. Ia membawa klubnya itu berada di peringkat kesembilan. Capaian ini lebih baik dari musim sebelumnya yang hanya menempati urutan ke-10.

Gianfranco Zola Berakhir Antiklimaks

Tuah legenda Italia memudar memasuki musim kedua. Masalah bertubi-tubi muncul di West Ham United ketika itu. Mulai dari strategi transfer yang tidak tepat sasaran hingga perkelahian antarsuporter saat mereka menghadapi rival abadi, Millwaal, di Piala Liga.

Pada akhir musim tersebut, posisi The Hammers jatuh ke urutan 17 klasemen. Ya, hanya satu tingkat di atas zona degradasi. Dan dua hari setelah musim berakhir, Gianfranco Zola pun dipecat.

Sejak Zola mengambil alih tim, ada tiga pelatih luar Britania lainnya yang mengadu nasib di West Ham United. Mereka adalah Avram Grant dari Israel, Slaven Bilic asal Kroasia, serta Manuel Pellegrini dari Chile.

Gianfranco ZolaNostalgia Hari IniWest Ham United