Nostalgia Hari Ini: Gol Bunuh Diri Bikin Andres Escobar Ditembak Mati

Football5star.com, Indonesia – Piala Dunia 1994 akan selalu dikenang sebagai salah satu Piala Dunia paling menyeramkan. Lewat ajang di Amerika Serikat inilah nyawa Andres Escobar melayang.

Memang, Andres Escobar tidak meninggal di lapangan. Tapi yang menjadi penyebab kematiannya sangat lekat dengan apa yang dia lakukan di lapangan.

Escobar adalah sosok penting di balik lolosnya Kolombia ke Piala Dunia 1994. Di Amerika Serikat, Kolombia tidak bisa bicara banyak. Mereka langsung gugur di babak penyisihan.

The Guardian

Salah satu penyebabnya adalah Andres Escobar. Ketika menghadapi tuan rumah Amerika Serikat, ia membuat kesalahan fatal. Antisipasinya terhadap bola tendangan John Harkes justru membuat bola masuk ke gawang timnya.

Kolombia akhirnya kalah 1-2. Kendati meraih kemenangan pada laga terakhir melawan Swiss, negara Amerika Latin tetap tersingkir dari turnamen terakbar di dunia karena hanya menempati peringkat ketiga.

Korban Kebengisan Kartel Narkoba Kolombia

Berakhirnya perjalanan Kolombia di Amerika Serikat menjadi awal tragis kisah Andres Escobar. Hanya berselang 10 hari setelah gol bunuh diri itu, Escobar ditemukan tewas di kota kelahirannya, Medellin, Kolombia.

Kejadian nahas itu terjadi hari ini 24 tahun silam. Escobar yang sedang menikmati hari bersama keluarganya tiba-tiba diberondong 12 tembakan oleh orang tak dikenal. Ia pun mati seketika.

Belakangan diketahui bahwa penembakan tersebut melibatkan kartel narkoba Kolombia. Ia dijadikan sasaran oleh bos-bos narkotika di sana. Terlebih sang penembak berteriak “Gol” saat melancarkan aksinya.

The Sun

New York Times melaporkan bahwa gembong narkoba tersebut rugi jutaan dollar karena gol bunuh diri sang pemain. Tudingan itu sampai saat ini masih samar-samar.

Setahun kemudian kepolisian Kolombia menangkap Humberto Munoz Castro, seorang sopir yang mengantar si algojo saat menghabisi pemain yang saat itu masih berusia 27 tahun. I

Humberto Munoz Castro dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman 43 tahun penjara. Namun, pada 2005 silam ia sudah dibebaskan.

Hingga saat ini dalang pembunuh bintang Kolombia itu belum ditangkap. Bahkan motif pembunuhan juga belum bisa dipastikan.

Masih banyak yang percaya penyebab kematian Andres Escobar seperti yang disinggung di atas. Tapi tidak sedikit pula yang meyakini jika penembakan dilakukan para kartel narkoba sebagai peringatan untuk pemerintah Amerika Serikat dan Kolombia yang ingin menghabisi mereka.

Andres EscobarKolombiaNostalgia Hari IniPiala Dunia 1994