Nostalgia Hari Ini: Gol Hantu Spurs yang Untungkan Manchester United

Football5star.com, Indonesia – Sebelum lahirnya teknologi garis gawang, gol hantu menjadi fenomena yang kerap terjadi. Baik di kompetisi tingkat klub maupun antarnegara.

Istilah gol hantu muncul karena bola yang sejatinya sudah masuk ke gawang tidak dianggap gol. Begitu pula sebaliknya. Tidak jarang bola yang belum melewati garis gawang malah dianggap gol oleh sang pengadil.

Ini terjadi karena beberapa faktor. Yang paling masuk akal jauhnya jarak wasit dengan gawang sehingga mereka tidak bisa melihat dengan jelas apakah bola sudah melewati garis atau belum.

manchestereveningnews

Dari banyak kejadian, satu momen yang masih diingat sampai sekarang terjadi di Inggris. Tepatnya pada pertandingan Manchester United vs Tottenham Hotspur di Old Trafford.

Tepat pada hari ini 15 tahun silam, Tottenham menyambangi Old Trafford dengan modal enam kemenangan dari tujuh pertandingan terakhir. Manchester United juga menorehkan catatan serupa, yang mana mereka tak pernah kalah dalam sembilan pertandingan.

Semua berjalan sebagaimana mestinya. Kedua tim mempertontonkan permainan yang menghibur. Terutama Setan Merah yang memperoleh banyak peluang.

Mereka bisa saja unggul andai gawang Spurs tidak dijaga Paul Robinson yang tampil apik. Adapun tim tamu juga tidak kekurangan peluang. Sampai pemandangan aneh terjadi satu menit jelang bubaran.

Wasit Gagalkan Kemenangan Tottenham

Gelandang Spurs, Pedro Mendes, yang melihat Roy Carroll berdiri cukup jauh dari gawang melepaskan tendangan spekulasi. Tendangan Mendes cukup akurat dan langsung tertuju pada kiper United itu.

Roy Carroll mencoba menangkap bola. Tapi tangkapannya tidak sempurna hingga membuat bola liar menuju ke gawang. Dan benar saja, bola meluncur masuk ke gawang.

goal.com

Akan tetapi, wasit Mark Clattenburg membuat kontroversi. Ia tidak menganggap itu sebagai gol. Menurutnya dan hakim garis Ray Lewis, gol tidak tercipta karena Roy Carroll membuang bola tepat di garis gawang.

Padahal dalam tayangan ulang jelas terlihat bola sudah satu meter melewati garis. Tak ayal, keputusan Mark Clattenburg diprotes para pemain Tottenham. Michael Carrick yang masih berseragam The Lilywhites juga turut mempertanyakan keputusan tersebut.

Wasit tidak hanya menolak gol tim tamu. Dia juga mengagalkan kemenangan mereka karena skor akhir sama kuat 0-0. Hingga sekarang, gol hantu Pedro Mendes menjadi salah satu momen tak terlupakan dalam sejarah Premier League.

Manchester UnitedNostalgia Hari IniTottenham Hotspur