Nostalgia Hari Ini: Gol Legendaris Thierry Henry di Derbi London Utara

Football5Star.com, Indonesia – Pada hari ini, 16 November, 18 tahun yang lalu, Thierry Henry berhasil mencetak gol yang akan selalu dikenang oleh pecinta sepak bola khususnya fans Arsenal. Apalagi gol itu terjadi di Derbi London Utara melawan Tottenham.

Derbi London Utara memang salah satu Derbi yang paling panas dalam sepak bola Inggris. Saat ini kedua tim baik Arsenal maupun Tottenham sama-sama memiliki performa yang seimbang. Namun hal itu berbeda di era saat Henry bermain untuk Arsenal. Ya, Arsenal benar-benar mendominasi dan bahkan Tottenham tak pernah menang! Baik di Premier League, Piala FA, ataupun Piala Liga.

Henry total mencetak 5 gol untuk The Gunners di Derbi London Utara. Namun yang paling berkesan adalah pada Premier League musim 2002-2003.

Nostalgia Hari Ini Gol Legendaris Thierry Henry di Derbi London Utara
Premier League Archive

Jalannya Laga

Tampil di Highbury dihadapan 38 ribu penonton. Arsenal jelas diunggulkan pada laga ini. Dan tak butuh waktu lama, Henry langsung mencetak gol luar biasa pada menit ke-13.

Berawal dari lemparan ke dalam Tottenham, Patrick Vieira berhasil menghalaunya dan bola liar jatuh ke Henry yang berada di luar kotak penalti Arsenal. Henry lalu berlari sendiri membawa bola melewati garis tengah lapangan sebelum mengelabui Stephen Carr dan Ledley King dan berhasil melepaskan tembakan dengan kaki kirinya dan masuk ke gawang Tottenham.

Nostalgia Hari Ini Gol Legendaris Thierry Henry di Derbi London Utara
Serving Joy

Henry lalu langsung berlari ke arah tribun suporter Tottenham dan melakukan selebrasi: meluncurkan lututnya ke rumput sambil mengepalkan tangan. Selebrasi Henry itu juga dijadikan patung di depan Stadion Emirates saat ini.

“Itu adalah gol spesial melawan Tottenham. Saya melihat kemarahan dan frustasi di wajah fans Tottenham, beberapa di antara mereka terlihat tanpa ekspresi,” kata Henry.

The Gunners berada di atas angin setelah Simon Davies menerima kartu kuning kedua pada menit ke-27. Freddie Ljunberg dan Sylvain Wiltord berhasil menambah gol pada babak kedua dan laga berakhir dengan skor 3-0 untuk Arsenal.

Sayang pada musim 2002-03 Thierry Henry cs gagal menjadi juara setelah berada lima poin di bawah sang juara Manchester United. Tottenham sendiri harus finis di peringkat ke-10.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More