Nostalgia Hari Ini: Gol Perdana Premier League Tercipta

Football5star.com, Indonesia – Liga Inggris sudah ada sejak 1888 silam. dulunya kasta tertinggi Inggris dikenal dengan sebutan First Division. Namun, sejak 1992 silam format kompetisi berubah dan berganti nama menjadi Premier League.

Dibentuknya format baru bernama Premier League demi mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Operator liga mampu meraup keuntungan besar melalui hak siar televisi dan sponsorship lainnya.

Keuntungan pun tidak hanya dirasakan Premier League saja. Tapi juga seluruh klub yang ada di dalamnya. Secara format kompetisi tidak ada perubahan yang mencolok. Hanya jumlah peserta saja yang berbeda.

premierleague.com

Selama era First Division klub peserta bisa mencapai 21, 22, sampai pernah 24 tim. Tapi sejak format berganti ke Premier League tim peserta menjadi 20 hingga saat ini.

Dan pada hari ini 28 tahun silam momen bersejarah itu terjadi. Pertandingan pertama era Premier League dihelat saat Sheffield United menjamu Manchester United.

Kalah di Awal, Juara di Akhir

Era baru, semangat baru, terlihat nyata pada pertandingan yang berlangsung di stadion Bramall Lane. Papan skor sudah berubah 1-0 untuk tuan rumah ketika laga berjalan lima menit.

Striker Sheffield United, Brian Deane, mencetak gol pertama hari itu. Dan tentu saja Brian Deane jadi pencetak gol perdana Premier League.

Esquire

Gol Brian Deane jadi satu-satunya gol yang tercipta pada interval pertama. Babak kedua berjalan, Deane kembali membuktikan dirinya sebagai striker jempolan. Ia mencetak gol kedua pada menit ke-50 melalui titik putih.

Sementara Manchester United hanya mampu mencetak satu gol hiburan melalui Mark Hughes. Hingga laga usai skor 2-1 untuk kemenangan The Blades tetap bertahan.

Kendati demikian, laga perdana pada era Premier League ini tidak menjadi cerminan musim 1992-1993 berjalan. Sheffield United yang menang pada pekan pembuka hanya mampu mengakhiri musim di peringkat ke-14.

Adapun Manchester United yang kalah justru menutup musim dengan juara Premier League edisi perdana. Hebatnya lagi anak asuh Sir Alex Ferguson juara dengan unggul 10 angka dari Aston Villa yang ada di peringkat kedua.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More