Nostalgia Hari Ini: Gol Pertama Ian Rush untuk Liverpool

Football5Star.com, Indonesia – Ian Rush merupakan top skorer sepanjang masa Liverpool dengan total 346 gol, dan dia mencetak gol pertamanya pada hari ini 39 tahun yang lalu. Rush mencetak gol perdananya pada laga Piala Eropa melawan klub Finlandia, Oulu Palloseura.

Rush pertama kali berkarier sebagai pesepak bola dengan memperkuat klub divisi tiga Inggris, Chester pada 1978. Dia bermain cukup apik dan sempat membawa Chester sampai ke babak 16 besar Piala FA dengan dia mencetak gol pada kemenangan 2-0 melawan Newcastle pada Januari 1980.

Manchester United Musim Ini Miliki Kesamaan dengan Liverpool Era Ian Rush

Performa Rush membuat dia dilirik klub-klub raksasa Inggris seperti Manchester City, Chelsea, dan Liverpool. Pencari bakat Liverpool, Geoff Twentyman, selalu menonton laga Chester, dan menyarankan pelatih The Reds, Bob Paisley, untuk merekrutnya. Liverpool akhirnya membelinya dengan harga 300 ribu pounds, yang pada saat itu merupakan rekor transfer Liverpool untuk pemain remaja dan rekor penjualan Chester sepanjang sejarah sampai klub itu bangkrut di tahun 2010.

Kariernya di Liverpool

Namun awal karier Rush di Liverpool sama sekali tidak berjalan lancar. Direkrut pada Maret 1980, Rush baru menjalani debutnya pada Desember 1980, dengan menggantikan Kenny Dalglish pada laga melawan Ipswich Town. Laga itu berakhir dengan skor 1-1 dan Rush gagal mencetak gol.

Dia lalu lebih sering menghabiskan musim di tim reserve daripada di tim utama. Musim 1980-81 berakhir dengan Rush hanya bermain 9 kali di semua kompetisi dan tanpa mencetak satu golpun. Walaupun pada musim itu, The Reds berhasil memenangkan Piala Eropa dan Piala Liga.

Namun pada musim berikutnya, gol itu akhirnya datang juga, pada 30 September 1981, Rush mencetak gol pada laga putaran pertama leg kedua melawan Oulun Palloseura pada menit ke-68, dimana saat itu Liverpool menang dengan skor telak 7-0.

ian rush-marca
Marca

Rush mengakhiri musim keduanya di Liverpool dengan mencetak 30 gol dari 49 laga di semua kompetisi. The Reds gagal mempertahankan gelar Piala Eropa, namun mereka menjadi juara Liga Inggris dan Piala Liga, dimana Rush mencetak gol di final melawan Tottenham.

Rush bermain di Liverpool sampai tahun 1987 sebelum pindah ke Juventus. Namun dia hanya bermain satu musim di Turin dengan hanya mencatatkan 7 gol dari 29 laga sebelum akhirnya kembali ke Merseyside.

Ian Rush total bermain selama 15 musim untuk Liverpool dan mencatatkan 346 gol dari 660 pertandingan. Dia memenangkan total 5 gelar Liga Inggris, 3 Piala FA, 5 Piala Liga, 3 Charity Shield, dan 2 Piala Eropa.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More