Nostalgia Hari Ini: Gol Spektakuler Del Piero Bikin Delle Alpi Bergemuruh

Football5star.com, Indonesia – 21 Oktober 12 tahun lalu, stadion lama milik Juventus, Delle Alpi dibuat bergemuruh. Gemuruh di Delle Alpi disebabkan gol spektakuler yang dicetak legenda si Nyonya Tua, Alessandro Del Piero.

Kala itu, Juventus bersua dengan raksasa Spanyol, Real Madrid di Liga Champions. Laga ini begitu spesial bagi publik Turin, maklum saja Juve baru saja bangkit setelah alami kasus Calciopoli. Liga Champions 2008-09 jadi comeback Juventus di kancah kompetisi Eropa.

uefa.com

Sebelum menghadapi Real Madrid, Juve meraih kemenangan atas Zenit dan rasakan hasil imbang 2-2 melawan Bate. Pada laga ketiga, Juve yang saat itu dilatih Claudio Ranieri jamu Real Madrid di Delle Alpi. Kemenangan wajib diraih Del Piero dkk.

Madrid yang saat itu dilatih Bernd Schuster datang ke Turin dengan pasukan mereka. Bernd Schuster menurunkan tiga striker pada laga itu, Raul, Van Nistelrooy, dan Gonzalo Higuain. Di atas kertas, Madrid lebih diunggulkan dibanding tim tuan rumah.

Pada laga ini juga terasa sangat spesial bagi bek Madrid, Fabio Cannavaro yang meninggalkan Juventus yang terdegradasi di Serie B dua musim sebelumnya. Bagi Del Piero dan Nedved, penggawa yang setia saat Juve alami nasib buruk, pertandingan ini jadi jawaban bahwa mereka tidak salah untuk bertahan di Delle Alpi.

Gol Indah del Piero

Masuk ke lapangan dengan penuh kepercayaan diri, skuat Juve langsung tampil menggebrak. Tak butuh lama untuk si Nyonya Tua unggul. Lewat serangan balik, Juventus membangun serangan dari garis pertahanan. Bola datang ke hadapan Amauri dan sang penyerang berkebangsaan Brasil langsung memberikannya pada Del Piero.

Tak berpikir panjang, dari jarak 25 meter, Del Piero lepaskan sepakan keras melengkung yang langsung merobek gawang Iker Casillas. Kiper asal Spanyol itu pun hanya bisa terpaku melihat gol spektakuler Del Piero.

Gol ini pun langsung disambut publik Turin. Stadion Delle Apli bergemuruh. Kegembiraan pecah di kubu Juventus. Cannavaro pun hanya bisa tertunduk lesu melihat timnya tertinggal satu gol. Di babak pertama, Madrid tak mampu menyamakan kedudukan.

Di babak kedua, Juve kembali unggul tak lama setelah wasit Wolfgang Stark meniupkan peluit pertandingan. Menerima umpan terukur Pavel Nedved, sundulan Amauri kembali memperdaya Casillas. Madrid sempat memperkecil ketertinggalan lewat gol Ruud van Nistelrooy namun gol ini tak banyak membantu El Real.

Alessandro Del PieroJuventusLiga ChampionsNostalgia Hari IniReal Madrid