Nostalgia Hari Ini: Hantam Boca Juniors, Bayern Munich Juara Dunia

Football5star.com, Indonesia – Bayern Munich adalah salah satu klub top dunia. Di Eropa saja mereka sudah enam kali mengnangkat trofi Liga Champions. Di tingkat yang lebih tinggi, Piala Dunia Antarklub, The Bavarian tiga kali juara.

Salah satu tahun terbaik untuk Bayern Munich adalah 2001. Pada tahun tersebut mereka memenangkan tiga trofi sekaligus. Yakni Bundesliga, Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub yang waktu itu masih bernama Piala Intercontinental.

Di Bundesliga, Tha Bavarian mengakhiri perlawan sengit Schalke 04 dengan keunggulan satu poin saja di puncak klasemen. Sementara di Liga Champions klub yang saat itu diasuh Ottmar Hitzfeld menaklukkan Valencia di final.

Taringa

Puncak kejayaan raksasa Jerman terwujud di Jepang. Bermain di Piala Intercontintal mereka memastikan gelar juara dunia untuk kedua kalinya.

Momen berharga itu pun terjadi pada hari ini 19 tahun silam. Di stadion Nasional Tokyo, Bayern sudah ditunggu Boca Juniors, jawara Copa Libertadores yang juga petahana Piala Intercontinental.

Pertemuan para juara beda benua ini berlangsung sengit. Selaku juara bertahan Boca lebih dulu menyerang lewat Cristian Traverso dan Marcelo Delgado. Tapi upaya tersebut belum membuahkan hasil.

Pada babak kedua titik balik dialami raksasa Argentina. Pemain andalannya, Marcelo Delgado, mendapat kartu kuning kedua setelah melakukan diving. Walau kalah jumlah pemain Boca mampu menjaga keseimbangan tim hingga waktu normal berakhir.

Akan tetapi pada babak perpanjangan, Bayern Munich tidak memberi ampun untuk Boca. Menit ke-109 Samuel Kuffour pun muncul sebagai pembeda.

azulyoro.net

Memanfaatkan bola rebound hasil sundulan Claudio Pizarro, sontekan Samuel Kuffour menghujam jala Boca Juniors yang dikawal Oscar Cordoba. Dengan laga yang masih menerapkan sistem Sudden Death, Die Roten langsung ditasbihkan sebagai pemenang usai gol tercipta.

Juara Piala Intercontinental 2001, Bayern mengulang prestasi yang dibuat 1977 silam. Jika ditotal, klub yang kini bermarkas di stadion Allianz sudah tiga kali juara. Terakhir mereka meraihnya pada 2014 lalu saat turnamen sudah berubah nama menjadi Piala Dunia Antarklub.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More