Nostalgia Hari Ini: Hat-trick Pertama Pemain Amerika di Premier League

Football5star.com, Indonesia – Kendati bukan negara sepak bola, Amerika Serikat banyak melahirkan pemain hebat. Dari banyak pemain negeri Paman Sam, hampir semua dari mereka pernah mencicipi Premier League.

Dari sekian nama, Clint Dempsey sangat diperhitungkan keberadaannya. Dia memang tidak membukukan pertandingan sebanyak Brad Friedel maupun Tim Howard. Tapi pengaruhnya di Inggris tak perlu diragukan lagi.

Berposisi sebagai penyerang, Clint Dempsey cukup produktif pada masanya. Tujuh tahun berkiprah di Premier League, performa puncak ia capai kala berseragam Fulham.

yahoo

Memperkuat Fulham sejak 2007 silam, ia mencatatkan 232 penampilan dengan hasil 57 gol di Premier League. Dari catatan tersebut, terselip satu rekor yang dibuat pemain kelahiran Texas.

Rekor tersebut dia buat tepat hari ini sembilan tahun lalu. Dalam lanjutan Premier League antara Fulham vs Newcastle United di Craven Cottage. Pada laga yang dimenangkan tuan rumah 5-2 itu sang bomber mencetak hat-trick.

Tiga gol dibukukan pada menit ke 59, 65, dan satu menit jelang bubar. Dua gol The Cottagers lainnya dibuat Bobby Zamora dan Danny Murphy. Sementara gol Newcastle dilesakkan Danny Guthrie dan Hatem Ben Arfa.

Selain membawa Fulham menang, Dempsey juga mencatatkan namanya di buku sejarah. Dia menjadi pemain Amerika Serikat pertama yang menciptakan hat-trick di Premier League.

@Squawka

Jadi pemain Amerika Serikat pertama yang bikin hat-trick di Premier League hanyalah awal dari sukses besar yang diraih Clint Dempsey musim 2011-2012. Sebab, pada akhir musim tersebut dia menggelontorkan 23 gol di semua ajang.

Disamakan Christian Pulisic 2 Tahun Lalu

Sepanjang karier profesionalnya, itu merupakan torehan gol terbanyak Dempsey dalam semusim. Performa menawan itu pula yang kemudian membawanya pindah ke tim London lain yang lebih mapan, Tottenham Hotspur.

Ia diboyong Tottenham dengan banderol enam juta pounds. Kendati tidak sesukses di Fulham, pemain yang telah pensiun 2018 lalu itu masih mampu melesakkan 12 gol dari 43 penampilan.

Butuh waktu tujuh tahun untuk pemain Amerika lain menyamai rekor Clint Dempsey. Ya, sampai saat ini baru Christian Pulisic, pemain Paman Sam lain, yang mampu membukukan hat-trick di Premier League.

Amerika SerikatClint DempseyfulhamNostalgia Hari Ini