Nostalgia Hari Ini: Islandia, Tim Asing Pertama yang Jajal SUGBK Baru

Football5Star.com, Indonesia – Hari ini, tiga tahun lalu Timnas Islandia sah menjadi tim asing perdana yang menjajal wajah baru Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Hal itu saat mereka dijamu oleh Timnas Indonesia, 14 Januari 2018.

Seperti diketahui, SUGBK sempat menjalani renovasi selama satu tahun untuk menyambut hajatan besar Asia, Asian Games. Saat itu, Presiden Joko Widodo meresmikan pembukaan kembali stadion kebanggaan masyarakat Indonesia sebelum Timnas vs Islandia.

Jelas, hal itu menjadi sebuah kehormatan pula bua Islandia. Tim yang menembus perempat final Piala Eropa 2016 itu menjadi lawan luar negeri perdana buat Timnas INdonesia yang menjajal suasana baru SUGBK. Skuat berjuluk Our Boys itu juga menjadi negara Eropa ke-14 yang dihadapi oleh Timnas Indonesia.

Sayang, meski disaksikan oleh Presiden Jokowi, Timnas Indonesia tak terhindar dari kekalahan. Sebenarnya skuat Garuda sempat unggul terlebih dahulu menit ke-29. Berawal dari blunder kiper Alex Runarsson dalam usaha menghalau umpan Febri Hariyadi, Ilham Udin yang mendapatkan bola langsung mengubahnya menjadi gol.

Dok. Tempo

Akan tetapi, Islandia justru terpacu oleh gol itu. Pada penghujung babak pertama, Albert Gudmundsson mampu menyamakan kedudukan. Bola sepakannya sempat ditepis oleh Andritany Ardhiyasa, tapi bola muntah kembali didapatkannya. Dia pun tak sia-siakan peluang dengan menyamakan kedudukan.

Paruh kedua, Indonesia justru dibikin tak berkutik oleh tim tamu. Gol Arnor Smarason, dan dua gol tambahan Albert Gundmundsson bikin tim Garuda saat itu harus takluk 1-4 dari Islandia.

Pujian dari Hallgrimsson

Meski kalah pada laga pembuka SUGBK baru, Indonesia tetap mendapatkan pujian dari pelatih Islandia, Heimir Hallgrimsson. Dia mengaku terkesan kemampuan individual pemain Timnas Indonesia.

“Menurut saya pemain Indonesia sangat baik dalam individu, dribble lebik baik. Fisik dan taktik juga lebih baik. Pada babak kedua kita bisa melihat perubahan dari Indonesia, dan inilah yang kami cari,” kata Hallgrimsson usai pertandingan.

Pertandingan tersebut dipandang oleh Hallgrimsson sangat penting buat skuatnya. Karena memang saat itu, Our Boys dalam masa persiapan menatap Piala Dunia 2018. Meski sayangnya, pada turnamen itu Islandia tak bisa berbuat banyak.

“Kita ingin cari tim dengan standar yang lain karena selama ini kami bermain dengan negara-negara Eropa. Jadi kami mencari tim dari negara-negara seperti Asia, Afrika, dan Amerika, seperti grup kami di Piala Dunia,” tutup dia.

IslandiaNostalgia Hari IniTimnas IndonesiaTimnas Islandia