Nostalgia Hari Ini: Italia Angkat Trofi Piala Dunia Pertamanya

Football5star.com, Indonesia – Italia adalah salah satu negara kuat di dunia sepak bola. Kekuatan mereka bahkan sudah ditunjukkan sejak Piala Dunia edisi kedua dilangsungkan.

Piala Dunia 1934 yang berlangsung di Negeri Pizza menjadi tuah untuk sang tuan rumah. Mereka terus melaju ke partai final tanpa hambatan berarti.

Selain karena faktor tuan rumah, ada faktor lain yang membuat laju Italia mulus sampai babak final. Piala Dunia edisi kedua ini menggunakan sistem berbeda dari edisi pertama.

sportsnet

Jika Piala Dunia 1930 dimulai sejak babak penyisihan grup, turnamen terakbar kedua langsung menerapkan sistem gugur. Gli Azzurri yang termasuk dalam 16 tim peserta menghadapi Amerika Serikat pada laga pembuka.

Hasilnya pun luar biasa. Mereka menghempaskan Amerika Serikat 7-1. Setelah itu mereka secara berturut-turut menyingkirkan Spanyol dan Austria dengan skor identik, 1-0. Kemenangan atas Austria sekaligus membawa tuan rumah mencapai final.

Awal Kesuksesan Gli Azzurri

Pada partai final Gli Azzurri menghadapi tim kuda hita ketika itu, Cekoslowakia. Dan tepat pada hari ini 86 silam, laga bersejarah itu dilangsungkan.

Bertempat di stadion Nazionale PNF, Roma, di depan 45 ribu pasang mata, anak asuh Antonio Pozzo tampil luar biasa. Namun, babak pertama berakhir tanpa gol untuk kedua tim.

Babak kedua tidak berjalan baik untuk Angelo Schiavio dkk. Mereka bahkan tertinggal lebih dulu ketika laga berjalan 76 menit. Gol yang dicetak Antonin Puc membuat 45 ribu suporter terdiam.

Dalam keadaan tertinggal lah Italia membuktikan diri sebagai tim besar. Mereka hanya butuh waktu lima menit untuk menyamakan kedudukan melalui sontekan Raimundo Orsi.

bolognafc.it

Skor 1-1 bertahan hingga 90 menit pertandingan. Tanpa pemenang, laga pun berlanjut ke babak tambahan. Pada babak inilah tuan rumah menunjukkan levelnya. Angelo Schiavo membuat stadion Nazionale, PNF, bergemuruh lewat gol penentunya pada menit ke-95.

Italia pun sukses merengkuh Piala Dunia untuk pertama kalinya. Dan tentu saja trofi itu merupakan awal dari dominasi mereka selama ini. Bersama Jerman, Gli Azzurri jadi tim tersukses kedua dengan raihan empat piala. Selain Piala Dunia 1934, mereka juga menang pada edisi 1938, 1982, dan 2006.

ItaliaNostalgia Hari IniPiala DuniaPiala Dunia 1934