Nostalgia Hari Ini: Italia Pertahankan Gelar Juara Piala Dunia

Football5star.com, Indonesia – Pada 19 Juni 1938, Italia sukses mempertahankan gelar juara Piala Dunia. Tak ada yang bisa menghentikan Giuseppe Meazza dan kawan-kawan.

Pada Piala Dunia ini, untuk pertama kalinya juara bertahan, Italia (1934) lolos ke Piala Dunia secara langsung tanpa kualifikasi bersama Prancis yang merupakan tuan rumah. Sebanyak 37 negara berpartisipasi dalam kualifikasi.

AP

Setelah kualifikasi 16 tim lolos ke putaran final Piala Dunia. Austria tidak mengikuti Piala Dunia ini karena Anschluss pada Maret 1938, sehingga tim yang berpartisipasi menjadi 15, dan Swedia langsung melaju ke babak perempat final secara otomatis.

Laga final Piala Dunia FIFA 1938 dimainkan di Stadion Olympique de Colombes, Paris, Prancis. Partai puncak mempertemukan Italia vs Hungaria.

Selain Giuseppe Meazza, Timnas Italia saat itu diperkuat oleh sederet pemain bintang seperti Silvio Piola, Gino Colaussi, hingga Vittorio Pozzo. Mereka sukses menghempaskan Hungaria lewat skor 4-2, setelah dirumorkan mendapat ancaman pembunuhan dari sang diktator, Benito Mussolini, jika sampai kalah.

Italia tampil membabi buta di partai puncak. Meski Giuseppe Meazza tampil melempem, tapi ada Silvio Piola di situ. Legenda Lazio ini sukses mencetak sepasang gol untuk membawa La Nazionale menang telak lewat skor 4-2.

Gol-gol Pat Titkos dan Gyorgy Sarosi sempat membuat jantung publik Negeri Pizza berdetak kencang, tetap tak mampu mengalahkan Gli Azzurri.

Ancaman Mussolini

AP

Pasca laga final, kiper Hungaria, Antal Szabo, membuat pernyataan mencengangkan dengan mengaku membiarkan empat gol Italia bersarang di gawangnya.

“Saya mungkin telah membiarkan empat gol bersarang di gawang saya, tapi setidaknya saya telah menyelamatkan nyawa mereka (penggawa Italia),” ungkap Szabo.

Rumor kemudian berhembus bahwa Mussolini telah mengirimkan sebuah telegram pada seluruh penggawa Italia yang bertuliskan, “Vincere o morire!”, atau secara harafiah, “Menang atau mati!”.

Indonesia Berpartisipasi

AFP

Sementara itu, Indonesia yang saat itu dikenal sebagai “Hindia-Belanda” dan mewakili Federasi Sepak Bola Hindia-Belanda, melaksanakan debutnya di Piala Dunia pada edisi ini akibat pengunduran diri Jepang dalam kualifikasi.

Dengan itu, Indonesia menjadi negara Asia pertama yang ikut Piala Dunia. Pada putaran final, Indonesia langsung tersingkir setelah kalah 0-6 dari Hungaria di laga perdana.

ItaliaNostalgia Hari Ini