Nostalgia Hari Ini: Javi Martinez Pecahkan Rekor Transfer Bundesliga

Football5star.com, Indonesia – Gelandang asal Spanyol, Javi Martinez, dinobatkan sebagai pembelian termahal dalam sejaran Bundesliga pada 30 Agustus 2012. Ketika itu, Martinez ditebus Bayern Munich dari Athletic Bilbao dengan banderol 40 juta Euro.

Ketika itu, Martinez merupakan salah satu gelandang muda terbaik di Spanyol. Tak hanya itu, Martinez juga menjadi bagian dari skuat timnas Spanyol yang sukses meraih gelar Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Banderol besar yang dikucurkan Bayern untuk mendaratkan Martinez berhasil memberikan hasil yang manis. Pasalnya, Martinez menjadi salah satu sosok kunci di balik keberhasilan FC Hollywood menjadi raja di Jerman dan Eropa pada musim 2012-13.

Bavarian Football Works

Ketika itu, Martinez menjadi pilihan utama Jupp Hencykes untuk mengisi pos gelandang bertahan. Total, Martinez berhasil mengumpulkan 43 penampilan di semua kompetisi. Ia juga berhasil menyumbang tiga gol dan empat assist.

LOYALITAS TANPA BATAS

Karier Javi Martinez bersama Bayern Munich tak selalu berjalan mulus. Pasalnya, ia mulai diganggu cedera pangkal paha dan pergelangan kaki pada musim 2013-14.

Meski mulai diganggu cedera, Martinez tetap menjadi pilihan utama Pep Guardiola. Ia pun berhasil mengumpulkan 34 penampilan di semua kompetisi. Di bawah asuhan Guardiola, Martinez mulai sering dimainkan sebagai bek tengah.

Semusim berselang, Martinez kembali mengalami nasib sial. Pasalnya, ia mengalami cedera lutut parah dan harus absen sepanjang musim 2014-15. Cedera parah yang dialami Martinez membuat Bayern memutuskan untuk mendaratkan Xabi Alonso dari Real Madrid.

Kehadiran Alonso membuat Martinez semakin sering dimainkan sebagai bek tengah pada musim 2015-16. Kala itu, Martinez berhasil mengumpulkan 27 penampilan di semua kompetisi

Bein Sports

Kepergian Guardiola pada musim panas 2016 ternyata tak membuat Martinez kembali ke posisi gelandang bertahan. Di bawah asuhan Carlo Ancelotti, Martinez masih lebih sering dimainkan sebagai bek tengah. Total, ia berhasil mengumpulkan 37 penampilan di semua kompetisi.

Pensiunnya Xabi Alonso pada musim panas 2017 menjadi angin segar untuk Martinez. Pasalnya, ia berhasil kembali ke posisi gelandang bertahan. Posisi ini ia pegang hingga saat ini.

MENDOMINASI BERSAMA BAYERN

Selama delapan tahun membela Bayern Munich, Martinez menjadi salah satu pemain tersukses dalam sejarah Bundesliga. Pasalnya, ia berhasil membawa FC Hollywood meraih delapan gelar Bundesliga secara beruntun.

Tak hanya itu, Martinez juga sukses mempersembahkan gelar lainnya untuk Bayern. Diantaranya adalah lima gelar DFB Pokal, dua Liga Champions, satu Piala Super Eropa, serta tiga Piala Super Jerman.

Keberhasilan ini semakin menambah koleksi gelar Martinez. Sebelum bergabung ke Bayern, Martinez sempat menjadi juara Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 bersama timnas Spanyol. Selain itu, ia juga berhasil membawa timnas Spanyol U-19 menjuara Piala Eropa U-19 pada 2007.

Bayern MunichJavi MartinezLiga JermanNostalgia Hari Ini