Nostalgia Hari Ini: Kala Laga Berkesudahan 149-0 Lewat Gol Bunuh Diri

Football5star.com, Indonesia – Pada zaman modern seperti sekarang, hampir mustahil sebuah tim bisa mencetak dua digit gol dalam kompetisi resmi. Memang, Ajax Amsterdam baru melakukannya kala menghajar VVV Venlo 13-0.

Akan tetapi, tetap saja hal seperti itu belum tenttu terjadi 10 tahun sekali.  Jika dua digit gol saja susah didapat sebuah tim, apa jadinya jika tercipta tiga digit gol? Ya, ini memang terdengar terlalu mengada-ada. Namun, momen tak masuk akal ini pernah terjadi.

Dan tentu saja kejadian ini tidak berasal dari kompetisi elit dunia. Melainkan dalam sebuah kompetisi sepak bola yang ada di sebuah negara Afrika bernama Madagaskar.

besoccer

Kendati jauh dari hiruk-pikuk gemerlap sepak bola dunia, momen ini terjadi di kompetisi profesional Madagaskar. Dan pada hari ini 18 tahun yang lalu, hari luar biasa itu terjadi.

Hari bersejarah itu tercipta di ajang Liga Champions Madagaskar. Kala itu sang juara bertahan, Stade Olympique de L’Emyrne (SOE) menghadapi AS Adema.

Sebelum laga dimulai memang sudah ada yang aneh dari pertandingan ini. Para pemain SOE tidak terima dengan keputusan wasit yang membuat mereka kalah secara kontroversial pada laga sebelumnya.

Maka dari itu, SOE menjadikan pertandingan melawan AS Adema sebagai ajang protes. Para pemain dan ofisial tim telah menegaskan bahwa mereka akan melangsungkan protes saat konferensi pers.

Namun, tidak ada yang tahu protes seperti apa yang akan mereka lakukan. Hingga akhirnya semua penonton yang menyaksikan dibuat tercengang.

Masuk Guinnes Book of World Records

Bagaimana tidak, dari peluit kick off dibunyikan hingga berakhirnya laga, penggawa SOE tiada henti mencetak gol ke gawangnya sendiri. Di sisi seberang, AS Adema hanya bisa menyaksikan “aksi” lawannya itu karena mereka memang tidak mendapatkan bola.

alchetron

Bayangkan, selama 90 menit pemain SOE mencetak gol ke gawangnya sendiri. Dan bisakah kalian menebak berapa gol yang dihasilkan? 149 gol. Tak pelak, tanpa mengeluarkan setetes keringat pun, AS Adema menang 149-0.

Hasil di luar nalar ini kemudian diakui oleh Guinness Book of World Records sebagai kemenangan terbesar dalam sejarah sepak bola.

Beberapa hari kemudian, Federasi sepak bola Madagaskar menghukum SOE. Manajer tim dibekukan dari sepak bola selama tiga tahun. Sedangkan empat pemain terkena larangan bermain seumur hidup.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More