Nostalgia Hari Ini: Kecelakaan Maut yang Merenggut Legenda Italia

Football5Star.com, Indonesia – Kejadian menyedihkan terjadi tepat 3 September 1989 saat sepak bola Italia kehilangan salah satu legendanya, Gaetano Scirea. Salah satu libero terbaik dalam sepak bola dunia itu meregang nyawa akibat kecelakaan di Babsk, Polandia.

Kecelakaan nahas itu terjadi usai Gaetano Scirea baru saja bertugas sebagai pemantau bakat bersama Juventus. Dia ditunjuk usai 14 tahun yang sangat gemilang bersama La Vechhia Signora sebagai pemain. Pada 3 September 1989, Scirea menjalankan tugasnya memantau pemain-pemain muda di Polandia.

Dia rencananya dikirim oleh klub untuk memantau Górnik Zabrze, klub Polandia yang akan dihadapi Juventus dalam laga putaran pertama Piala UEFA musim 1989-90. Selama perjalanan pulang ke Warsawa, ditemani oleh sopir lokal, penerjemah dan manajer Górnik, mobil Fiat 125p yang dia tumpangi ditabrak oleh sebuah van yang mengangkut tong bensin di dekat desa Babsk.

Mobil yang ditumpanginya terbakar dengan cepat. Dari empat penumpang, hanya manajer tim Polandia itu saja yang selamat. Dia duduk di kursi depan dan membuka pintu di sebelah kanannya saat terjadi tabrakan dari belakang. Dia bisa langsung keluar dari kendaraan.

Nostalgia Hari Ini: Kecelakaan Maut yang Merenggut Legenda Italia, Gaetano Scirea
Avvenire

Bagi Gaetano Scirea, pengemudi dan juru bahasa, kecelakaan tersebut berakibat fatal. Scirea segera diselamatkan dan dibawa ke rumah sakit terdekat. Tetapi, karena luka bakar yang sangat serius, Gaetano Scirea akhirnya tak tertolong.

Scirea di pemakaman Morsasco, kota bukit kecil di tengah-tengah antara Alessandria dan Genoa. Dia meninggalkan istrinya Mariella Cavanna.

Legenda Sepak Bola Italia

Semasa jadi pemain, Scirea terbilang menjadi salah satu libero paling istimewa. Bahkan dia sempat dijuluki gentleman sweeper oleh salah satu jurnalis Italia kala itu, Darwin Pastorin. Dia membela Juventus selama 14 musim dan membuahkan banyak kejayaan,

Nostalgia Hari Ini: Kecelakaan Maut yang Merenggut Legenda Italia, Gaetano Scirea

Bersama Bianconeri, Gaetano Scirea sukses menghadirkan tujuh gelar Serie-A, dua Coppa Italia, satu Piala UEFA, satu EUFA Super Cu, dan satu Interconinental cup. Tak cuma berjaya bersama Juventus, Scirea jua menorehkan tinta emas di Timnas Italia.

Scirea merupakan sosok sentral Italia yang menjadi kampiun Piala Dunia 1982. Dia jua berhasil masuk sebagai best XI UEFA European Championship pada 1980. Pada 2017, dia jua diberi penghargaan menjadi legenda sepanjang masa Juventus.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More