Nostalgia Hari Ini: Kemenangan Satu-Satunya Derby County

Football5Star.com, Indonesia – Pada hari ini, 17 September, 13 tahun yang lalu, ada sebuah pertandingan di Premier League yang mempertemukan Derby County vs Newcastle. Sebuah laga yang sebenarnya biasa saja, seperti laga Premier League biasa pada umumnya. Namun laga ini mungkin laga yang akan cukup diingat, terutama untuk fans Derby.

Derby berhasil promosi ke Premier League musim 2007-08 lewat jalur play-off setelah berhasil mengalahkan West Brom. Pada awal musim, The Rams sebenarnya mendapatkan start yang tidak terlalu buruk. Mereka berhasil menahan imbang Porstmouth di Pried Park 2-2 di laga pembuka dan hanya kalah 1-0 dari Sven-Goran Eriksson-nya Manchester City.

Namun setelah itu, Derby menjadi bulan-bulanan, dalam tiga laga selanjutnya, mereka kebobolan 15 gol dan hanya memasukkan 1 gol.

The National

Barulah pada pekan ke-6, 17 September, mereka meraih kemenangan perdana saat melawan Newcastle dengan skor 1-0 lewat sepakan voli Kenny Miller.

Banyak yang mempercayai bahwa kemenangan itu adalah titik balik Derby County, tapi yang terjadi justru sebaliknya. Derby menjelma sebagai tim terburuk dalam sejarah Premier League.

Rekor Demi Rekor Terpecahkan

Setelah laga itu, Derby bertemu tim raksasa Arsenal, dan kalah 5-0. Mereka terus gagal menang sampai pelatih Billy Davies meninggalkan klub pada 26 November. Davies mengkritisi para pimpinan klub yang kurang melakukan investasi.

Setelah itu Derby menunjuk mantan pelatih Wigan, Paul Jewell, tapi performa masih belum berubah. Pada bursa transfer Januari, Jewell membeli banyak pemain untuk memperbaiki performa tim. Dia membeli mantan pemain timnas Inggris, Danny Mils, gelandang Blackburn, Robbie Savage, kiper Rangers, Roy Carrol, dan masih banyak lagi.

Derby Telegraph

Tapi performa The Rams tak kunjung membaik. Pada akhirnya, Derby resmi terdegradasi pada 29 Maret. Mereka menjadi klub Premier League pertama dan satu-satunya sampai saat ini yang terdegradasi pada bulan Maret.

Musim 2007-08 berakhir dengan Derby County berada di posisi juru kunci dengan hanya meraih 11 poin, poin terendah sepanjang sejarah Premier League. Bukan hanya itu rekor yang dipecahkan Derby, berikut daftar lengkapnya:

  • Kemenangan tersedikit dalam satu musim (1)
  • Kemenangan kandang tersedikit dalam satu musim (1)
  • Tak pernah menang tandang dalam satu musim
  • Kekalahan terbanyak dalam satu musim (29)
  • Gol paling sedikit dalam satu musim (20)
  • Paling banyak kebobolan dalam 38 pertandingan semusim (89)
  • Rekor tanpa kemenangan terpanjang (32)
  • Tim paling awal terdegradasi (29 Maret)
Derby CountyNostalgia Hari IniPremier League