Nostalgia Hari Ini: Kerasnya Laga Arsenal vs Manchester United

Football5star.com, Indonesia – Ajang Community Shield di Inggris banyak dianggap sekedar laga pemanasan untuk dua tim, juara Liga Inggris dan Piala FA. Mantan pelatih Manchester United, Sir Alex pernah menyebut ajang itu tak lebih sekedar laga biasa sebelum masuki musim baru.

Layaknya laga pemanasan tentu saja pertandingan yang dihadirkan tidak sesengit dan sekeras seperti pertandingan pada umumnya. Namun itu terjadi di ajang Community Shield 2003 yang mempertemukan Arsenal vs Manchester United di Stadion Millenium, Cardiff, 10 Agustus 17 tahun lalu.

Laga Arsenal vs Manchester United berlangsung sengit dan keras sejak menit awal pertandingan. Wajar, kedua tim di era tersebut jadi kompetitor di Liga Inggris. Sejak era 2000-an, kedua tim saling bergantian menjadi juara Liga Inggris.

Nostalgia Hari Ini: Kerasnya Laga Arsenal vs Manchester United
Mirror

Di tahun itu, United datang ke Community Shield dengan status juara Liga Inggris untuk kali ke-15 sedangkan Arsenal berpredikat juara Piala FA untuk kali ke-9. Di musim 2002-03, Arsenal dan United saling bersaing di papan atas klasemen Liga Inggris.

United jadi juara Liga Inggris dengan selisih 5 poin dari Arsenal. Di musim itu juga kedua tim sama-sama menorehkan rekor kemenangan kandang terbesar. United menang 5-0 atas Chelsea di Old Trafford, sedangkan Arsenal sukses melumat Southampton 6-1 di Highbury.

Pelatih kedua tim, Sir Alex Ferguson dan Arsene Wenger juga miliki panggung tersendiri. Kedua pelatih kerap melempar ejekan, serta psy war sepanjang musim itu. Kedua tim juga memiliki kapten yang sama-sama memiliki sikap meledak-ledak, Roy Keana dan Patrick Vieira.

Apalagi laga kedua tim di Liga Inggris 2002-03 juga hadirkan tensi tinggi. Pada laga 16 April 2003, Arsenal vs Manchester United berakhir imbang 2-2. Namun, bek Arsenal, Sol Campbell harus menerima kartu merah.

Panas di Stadion Millenium

10 Agustus 2003 di Stadion Millenium, Cardiff., Manchester United dengan predikat juara Liga Inggris 2002-03 melawan Arsenal dengan status juara Piala FA 2002. Sejak menit awal, United langsung menekan lini belakang tim Meriam London.

Mengandalkan Ruud Van Nisterlrooy sebagai ujung tombak di topang Ole Gunnar Solskjaer di sayap kanan, Ryan Giggs di sayap kiri, serta Paul Scholes sebagai gelandang serang dan Nick Butt serta Roy Keane mengisi kedalama lini tengah. United bermain menyerang.

Laga baru berlangsung 15 detik, kapten Arsenal Patrick Vieira terlibat insiden dengan Phil Neville.Tensi sudah meninggi sejak menit awal pertandingan. Tak berselang lama, Ashely Cole dianggap memprovokasi wasit untuk memberi kartu kepada pelanggaran yang dilakukan Ole Gunnar Solksjaer.

Menariknya tensi tinggi pertandingan juga dipengaruh faktor cuaca. Menurut laporan BBC, suhu di Cardiff saat itu mencapai 41 derajat celcius. Panasnya cuaca juga diamini oleh Sir Alex Ferguson.

“Saya diberi tahu bahwa suhu di lapangan mencapai 41 derajat. Saya seperti memanggang saat menonton pertandingan,” ucap Sir Alex.

Pada menit ke-15, Mikel Silvestre sukses memperdaya Jens Lehmann. Namun keunggulan United tak berlangsung lama. Lima menit kemudian, pelanggaran Butt kepada Thiery Henry membuat wasit memberi tendangan bebas. Henry yang jadi eksekutor sukses memperdaya Tim Howard. Skor 1-1 bertahan hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua, pemain United sempat melakukan protes kepada wasit Steve Bennett yang tidak memberi hadiah penalti karena pelanggaran Sol Campbell. Pertarungan di lini tengah makin seru. Masuknya Eric Djemba-Djemba membuat eks pemain Persebaya ini adu takel dengan Vieira.

Kerasnya pertandingan di Stadion Millenium memuncak saat pemain pengganti Arsenal, Francis Jeffers mendapat kartu merah di menit ke-72 karena menendang Phil Neville. Perselisihan antar pemain kedua tim makin sering terjadi di akhir pertandingan.

Laga ini sendiri berakhir dengan kemenangan United lewat babak adu penalti. Kiper Tim Howard jadi pahlawan United dengan menggagalkan Van Bronckhorst dan Robert Pires.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More