Nostalgia Hari Ini: Ketika Wanita Dilarang Main Sepak Bola

Football5star.com, Indonesia – Dalam beberapa tahun terakhir sepak bola wanita mulai menunjukkan tajinya. Tidak hanya dari kualitas permainan, para fan juga sudah melirik sepak bola wanita.

Hingga sekarang talenta-talenta hebat sepak bola wanita sudah banyak bermunculan. Bahkan beberapa di antara mereka mampu mengungguli atau setidaknya menyamai para pemain pria.

Sebut saja legenda Brasil, Marta, yang mencetak 17 gol di Piala Dunia. Torehan ini sekaligus menjadikannya top skorer Piala Dunia sepanjang masa. Mengungguli pesepak bola pria, Miroslav Klose, yang mencetak 16 gol.

eachother.com

Selain Marta, pemain lain yang mampu menyaingi pesepak bola pria adalah Carli Llyod. Legenda Amerika Serikat menyamai rekor Geoff Hurst yang membukukan hat-trick di final Piala Dunia. Hingga sekarang, hanya mereka yang bisa melakukannya.

Akan tetapi, di balik kehebatan Marta, Carli Llyod, dan ribuan pesepak bola wanita lainnya, upaya mereka untuk membuktikan diri tidaklah mudah.

Isu gender tidak bisa dilepaskan dari sepak bola. Dan masalah ini pula yang pernah menghantui para wanita di Inggris yang ingin menjadi pesepak bola profesional.

Inggris, yang pada Piala Dunia wanita 2019 lalu mengukir sejarah dengan menembus semifinal untuk pertama kalinya ternyata pernah berada di titik terendah. FA selaku induk sepak bola Negeri Ratu Elizabeth pernah melarang wanita bermain sepak bola.

Larangan ini dikeluarkan pada 5 Desember 1921 silam. FA beralasan sepak bola tidak cocok untuk wanita. Tindakan FA ini juga dianggap sebagai ketakutan mereka atas semakin populernya pertandingan wanita di awal abad ke-20.

historyextra

FA khawatir popularitas sepak bola wanita akan mengancam kesuksesan sepak bola pria. Tak pelak larangan ini membuat sepak bola wanita yang sedang berkembang di Inggris menjadi mati suri.

Padahal sebelum larangan tersebut kompetisi sepak bola wanita di Inggris sangat diminati. Bahkan pertandingan Kerr’Ladies melawan St Helen pada 1920 disaksikan 53 ribu fan di stadion.

Dengan adanya larangan wanita bermain sepak bola, kompetisi-kompetisi resmi dihentikan. Imbasnya, beberapa klub dibubarkan. Dan salah satunya adalah Dick Kerr’s.

Cukup lama sepak bola wanita di Inggris dilarang oleh FA. Bahkan para pemain dan fan sampai membentuk asosiasi sepak bola wanita sendiri 1969 silam.

Adapun FA, yang melarang sepihak sepak bola wanita, baru meminta maaf atas keputusan 99 tahun silam pada 2008 lalu.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More