Nostalgia Hari Ini: Laga Piala Dunia Pertama Sepanjang Sejarah

Football5star.com, Indonesia – Piala Dunia memang bukan turnamen tertua dalam sejarah sepak bola. Tapi bisa dipastikan semua pemain berjuang mati-matian untuk bisa tampil di ajang paling akbar sejagad.

Uruguay adalah negara pertama yang menghelat Piala Dunia. Mereka menjadi tuan rumah pada 1930 yang ketika itu masih diikuti 13 negara saja.

Pada ajang perdana, FIFA selaku induk sepak bola dunia tidak memberlakukan babak kualifikasi karena terkendala jarak dan biaya yang akan dikeluarkan setiap negara. Piala Dunia 1930 terbuka untuk semua anggota FIFA.

fifa.com

Alasan jarak dan biaya pula yang membuat turnamen perdana hanya diikuti empat tim dari Eropa. Mereka adalah Belgia, Romania, Prancis, dan Yugoslavia. Kehadiran mereka pun berkat bujukan presiden FIFA saat itu, Jules Rimet.

Keempat negara Eropa ini melengkapi tujuh negara benua Amerika yang dihuni tuan rumah uruguay, Brasil, Argentina, Chile, Bolivia, Peru, Paraguay, Meksiko, serta Amerika Serikat. Hari paling bersejarah dalam sepak bola akhirnya tercipta 90 tahun silam.

Laga Pembuka Bukan Jatah Tuan Rumah

Pertandingan pertama Piala Dunia dilangsungkan di dua tempat, yaitu stadion Pocitos, Montevideo, dan stadion Parque Central, juga di Montevideo. Menariknya, bukan tuan rumah Uruguay yang bertanding pada laga perdana.

Padahal selama ini tuan rumah selalu mendapat kehormatan memainkan laga pembuka Piala Dunia. Namun, untuk edisi perdana menjadi milik empat negara yaitu Prancis vs Meksiko serta Amerika Serikat vs Belgia. Ya, laga pembuka langsung menghadirkan dua pertandingan.

Prancis sukses mempecundagi Meksiko 4-1. Sedangkan Amerika Serikat membungkam Belgia tiga gol tanpa balas.

pinterest.com

Adapun pemain yang mengukir sejarah sebagai pencetak gol pertama di Piala Dunia adalah sayap kanan Les Blues, Lucien Laurent. Ia membobol gawang Meksiko lewat tendangan voli pada menit ke-19.

Bukan Cuma Lucien Laurent yang membukukan tinta emas. Striker Amerika Serikat, Bart McGhee, juga membuat namanya terus dikenang dunia.

Ia adalah pemain pertama yang mampu membuat dua gol di Piala Dunia. Hebatnya lagi dua gol ia ciptakan hanya dalam waktu empat menit saja.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More