Nostalgia Hari Ini: Lambang Garuda di Jersey Timnas Indonesia Digugat

Football5Star.com, Indonesia – Tepat hari ini, 11 tahun silam lambang Garuda di jersey Timnas Indonesia ternyata pernah dipermasalahkan. Bahkan, PSSI sampai digugat ke meja hijau karena hal tersebut.

Gugatan tersebut datang dari seseorang bernama David Tobing yang juga merupakan pengacara. Tak main-main, dia langsung mendaftarkan gugatan lewat surat bernomor 551/2010/PN.JKT.PST tertanggal 14 Desember 2010 ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Dalam gugaatannya tersebut, tak cuma PSSI yang dituntut. Tapi ada pula Presiden, Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Pemuda dan Olahraga, dan PT Nike Indonesia. Dia beralasan kalau penggunaan lambang Garuda di bagian kostum Timnas Indonesia melanggar UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang pemakaian lambang negara, bahasa, bendera, serta lagu kebangsaan.

“Sesuai Pasal 51 dan 52 Undang-Undang itu lambang negara hanya dapat digunakan untuk cap atau kop surat jabatan, cap dinas untuk kantor, kertas bermaterai serta surat dan lencana gelar pahlawan, tanda jasa dan kehormatan,” kata David saat itu dikutip dari Tempo.

Nostalgia Hari Ini: Lambang Garuda di Jersey Timnas Indonesia Digugat
Do. Mills

Nah menututnya, penggunaan lambang Garuda di jersey Timnas Indonesia melanggar ketentuan undang-undang. “Ini jelas melanggar Pasal 57 Huruf d, UU Nomer 24 Tahun 2009. Setiap orang dilarang menggunakan lambang negara untuk keperluan selain yang diatur dalam UU ini,” sambung dia.

PSSI Nilai Berlebihan, PN pun Tolak Gugatan

PSSI pun bereaksi saat itu. Direktur Hukum PSSI, Max Boboy, menyebut gugataj itu berlebihan. Dia juga mempertanyakan kenapa PSSI ikut terseret dengan gugatan itu.

“Burung Garuda di baju itu, sejak tahun 1950 sudah kita pakai, bukan baru sekarang. Ini kan aneh saja, begitu kita berhasil dengan baik kok ribut. Waktu kita gagal dia tidak ribut. Nah jadi ada pertanyaan ada apa di balik ini,” papar Max dalam laman BBC.

Bagaimana akhir gugatan tersebut? Majelis Hakim PN Jakpus akhirnya menolak semua gugatan David. Ketua Majelis Hakim Ennid Hasanuddin menilai gugatan David Tobing itu dinilai tidak memenuhi syarat formal gugatan warga negara. Pasalnya harus ada notifikasi terlebih dulu sebelum diajukan gugatan.

“Eksepsi para tergugat ditolak. Menyatakan gugatan penggugat tidak dapat diterima,” kata Ennid. Majelis Hakim pun dalam pertimbangannya meminta penggugat, sebelum mengajukan gugatan, sebaiknya ada penyelesaian damai di luar persidangan.

Sejak Kapan Lambang Garuda di Jersey Timnas?

Menurut beberapa sumber, Presiden Ir Soekarno menjadi sosok yang memrakarsai penggunaan lambang Garuda di jersey Timnas Indonesia. udah sejak 1954 dia memerintahkan adanya lambang negara di jersey tim yang mewakili Indonesia.

Kala itu, Bung Karno menyebut kalau Garuda harus bisa menjadi gambaran implementasi kekuatan Indonesia. Dia menyebut kalau Garuda merupakan lambang kebajikan, kekuatan, hingga disiplin.

Nostalgia Hari Ini: Lambang Garuda di Jersey Timnas Indonesia Digugat
Starweekly/goodnewsfromindonesia

Kali pertama jersey Timnas Indonesia menggunakan lambang Garuda, yakni saat uji coba melawan Ceko. Begitu pula saat Indonesia mentas di Olimpiade 1956 dengan langsung menyematkan lambang garuda di jerseynya.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More