Nostalgia Hari Ini: Liverpool Rusak Debut Manchester United di Old Trafford

Football5Star.com, Indonesia – 19 Februari 1910 mungkin menjadi hari tak terlupakan buat salah satu raksasa Inggris, Manchester United. Saat itu, mereka untuk kali pertama bermarkas di Stadion Old Trafford tapi debutnya langsung dirusak oleh Liverpool.

Awalnya bernama United Football Ground, stadion ini dirancang oleh arsitek Archibald Leitch dan menghabiskan biaya sekitar 60 ribu poundsterling. Stadion tersebut dibuka dengan kapasitas 80 ribu suporter. Tapi memang hanya ada 45 ribu penonton saja yang hadir dalam pertandingan pembukaan Old Trafford.

Sebelum pindah ke Old Trafford, Man United baru memenangkan pertandingan terakhirnya dengan skor 5-0 di Bank Street. Tentu, ada harapan yang besar buat tim yang kala itu dibesut Ernest Mangnall untuk bisa mencatatkan kemenangan perdana di stadion baru.

Lawan untuk laga pembuka stadion itu ialah Liverpool, tim yang mengalahkan Manchester United awal musim. Sayangnya, dalam laga pembukaan ini Man United harus takluk. Liverpool asuhan Tom Watson justru merusak debut United di sana. Arthur Goddard dan James Stewart saat itu masing-masing mencetak dua gol untuk The Reds. Sementara United membalasnya tiga melalui Tom Homer, Sandy Turnbull, dan George Wall.

Liverpool memang menjadi tim pertama yang mengalahkan Manchester United di Old Trafford. Namun, semenjak kemenangan itu The Reds malah kesulitan mengulang torehan positifnya.

Nostalgia Hari Ini: Liverpool Rusak Debut Man United di Old Trafford

Tercatat, selama 17 tahun The Reds selalu gagal meraih kemenangan ketika dijamu Red Devils di sana. Baru, pada 15 Januari 1927 Liverpool kembali menang di Old Trafford dengan skor tipis 1-0 atas United.

Rekor Penonton Pecah Bukan dengan United

Berganti nama menjadi Old Trafford pada 1936, stadion tersebut tetap menjadi kandang Manchester United sejak 1910. Kecuali periode singkat setelah Perang Dunia II ketika kerusakan akibat bom membuatnya tidak dapat digunakan untuk sementara waktu.

Penonton tertinggi di Old Trafford untuk kali pertama justru tidak melibatkan Man United. Pada pertandingan Piala FA 1939 antara Wilverhampton Wanderers vs Grimsby Town saat itu dipadati 76.962 penonton. Namun, saat itu Old Trafford masih belum dipasang tempat duduk semuanya.

Lantas, rekor setelah stadion itu diubah menjadi penuh tempat duduk ialah 76.098 suporter. Hal itu terjadi saat United melawan Blackburn Rovers pada 2007.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More