Nostalgia Hari Ini: Magis Pertama Diego Maradona di Sepak Bola

Football5star.com, Indonesia – Bagi orang Argentina, Diego Maradona bukan sekedar pemain sepak bola. Ia adalah legenda bahkan bagi sebagian kecil adalah Tuhan. Maradona memang memiliki daya magis di lapangan hijau. Magis pertama Maradona di sepak bola muncul saat ia melakoni pertandingan pada 20 Oktober 1976.

Saat itu, Maradona masih berusia 15 tahun. Di usia semuda itu, Maradona tampil sebagai pemain profesional di Liga Argentina bersama Argentinos Juniors. Hari ini, 44 tahun lalu, Maradona bermain di laga melawan Tallers de Cordoba. Masuk sebagai pemain pengganti di awal babak kedua, Maradona tercatat jadi pemain termuda pertama di Liga Argentina.

Saat Maradona masuk ke lapangan, Argentinos tengah tertinggal 1-0. Gunakan nomor pungung 16, Maradona masuk menggantikan Rubén Giacobetti. Dikutip Football5star.com dari airedesantafe, Selasa (20/10/2020), Giacobetti sempat marah karena harus ditarik keluar dan digantikan. Maradona mengakui bahwa ia sangat paham dengan kemarahan Giaeobetti.

“Juan Carlos membuat saya masuk menggantikan Giacobetti. Saya ingat dia tidak suka dan saya bisa paham karena tidak ada pemain yang mau digantikan. Argentinos saat itu tertinggal 0-1. Saya masih ingat betul bahwa saya mendapat banyak perlindungan dari pemain senior,” ucap Maradona.

Main setengah babak, Maradona langsung unjuk skill. Beberapa kali ia mampu membuat lini belakang Tallers kerepotan. Meski masih berusia 15 tahun, Maradona diperlakukan seperti pemain profesional. Beberapa kali pemain Tallers harus melakukan tackle dan body untuk hentikan pergerakan Maradona.

“Beberapa pemain Argentinos meminta wasit Maino untuk melindungi saya. Tentu karena saya masih berusia 15 tahun. Setelah pertandingan, para fotografer mendapat beberapa foto yang kemudian saya banggakan kepada pemain-pemain Argentinos lainnya,” kenang Maradona.

Karier singkat Maradona

Sayangnya di laga debut profesional pertamanya, Maradona tak mampu menolong Argentino dari kekelahan. Diego Armando Maradona bermain untuk Argentinos Juniors hingga 1981. Ia lalu memutuskan hijrah k Boca Juniors.

Petualangannya di Eropa dimulai pada tahun 1982. Usai memperkuat Argentina di Piala Dunia, Maradona ditransfer Barcelona dengan nilai £ 5 juta. Sebuah rekor dunia di masa itu. Karir Maradona di tim nasional terbilang cemerlang. Pada 1982 dia beraksi di Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Empat tahun kemudian sebagai kapten Argentina, dia menjadi juara dunia. Kiprahnya di Piala Dunia 1986 itu diwarnai dengan aksi kontroversialnya saat mencetak gol dengan tangan ke gawang Inggris yang dijaga Peter Shilton. “Gol tangan Tuhan” menjadi noda terbesar dalam sejarah sepakbola. Ironisnya gol ini justru terpilih menjadi ‘gol abad ini’ dalam polling yang dilakukan FIFA di tahun 1992.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More