Nostalgia Hari Ini: Malaysia Berpesta di Stadion Utama Gelora Bung Karno

Football5star.com, Indonesia – 29 Desember 2010 jadi salah satu bagian kelam di sejarah sepak bola Indonesia. Timnas Indonesia harus menyaksikan rival abadi, Malaysia berpesta pora di tanah sendiri, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Hadapi Malaysia di leg kedua babak final Piala AFF 2010 meski mampu menang 2-1 atas tim Harimau Malaya, gelar juara tak mampu direngkuh. Di leg pertama, Maman Abdurrahman cs dibekuk tiga gol tanpa balas di Stadion Bukit Jalil. Kelak di kemudian hari, publik Indonesia mengenal momen ini sebagai skandal Bukit Jalil.

Nostalgia Hari Ini: Malaysia Pesta Pora di Stadion Utama Gelora Bung Karno
AFP

Saat itu, meski tertinggal tiga gol di leg pertama, antusiasme publik Indonesia hadapi leg kedua masih sangat besar. Masih ada asa dan harapan untuk anak asuh Alfred Riedl tersebut. Modal kemenangan di babak fase grup menjadi keyakinan tersendiri bagi publik bahwa tim Merah Putih akan mampu membalikkan keadaan.

Indonesia di hari itu seolah berhenti sesaat. Di Stadion Utama Gelora Bung Karno sudah dipenuhi ribuan para suporter Merah Putih. Di tempat lain, orang terpaku di depan layar televisi untuk memberika dukungan kepada Indonesia.

Kelakuan suporter Malaysia di leg pertama begitu menyakitkan publik Indonesia. Sinar laser yang diarahkan kepada kiper Markus Horison di leg pertama jadi sorotan semua pihak di Indonesia. Namun di leg kedua, para suporter bersikap lebih dewasa dengan hanya memberikan psywar kepada skuat Malaysia.

Dua gol tak cukup

Harus menang 4-0 atas Malaysia, permainan Indonesia sejak awal babak pertama sangat jauh berbeda dibanding saat di Bukit Jalil. Bambang Pamungkas dkk bermain sangat agresif. Asa itu bisa mencetak gol terlebih dahulu sempat muncul saat timnas meraih hadiah penalti.

Sayang sepakan dari Firman Utina masih mampu dihalau kiper Malaysia, Khairul Fahmi. Babak pertama timnas tak mampu mencetak gol meski beberapa kali mendapat peluang emas.

Nostalgia Hari Ini: Malaysia Pesta Pora di Stadion Utama Gelora Bung Karno
AFP

Dukungan masih mengalir, Stadion Utama Gelora Bung Karno masih bergemuruh dengan dukungan para suporter. Di babak kedua, publik Indonesia terdiam. Di menit 54, Safee Sali justru membobol gawang Indonesia. Melalui serangan balik cepat, kecepatan Safee melewati penjagaan dua bek Indonesia. Dengan tenang Safee melepaskan sepakan menaklukkan Markus Haris Maulana.

Publik baru bersorak pada menit ke-72 saat M Nasuha mencetak gol memanfaatkan bola rebound sepakan dari Ahmad Bustomi. Namun gol itu belum cukup membuat Indonesia keluar sebagai juara, pun dengan gol yang dicetak M Ridwan di penghujung laga. Meski menang 2-1, timnas Indonesia harus telan pil pahit melihat Malaysia pesta pora di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More