Nostalgia Hari Ini: Manchester United Permalukan Liverpool di Anfield

Football5star.com, Indonesia – Partai bertajuk North-West Derbi antara Liverpool vs Manchester United bakal berlangsung di Stadion Anfield, Minggu (17/1/2021). Di tanggal dan di tempat yang sama, 5 tahun lalu, Red Devils sukses bikin malu The Reds di hadapan publiknya sendiri.

Saat itu pun, kondisi kedua tim di papan klasemen tak jauh berbeda dengan saat ini. United berada satu tingkat lebih baik dibanding Liverpool. Komposisi pemain The Reds kala itu juga tak seperti saat ini, belum ada nama Sadio Mane, Mohamed Salah, Fabinho ataupun Virgil van Dijk.

Sky Sports

Skuat Liverpool saat ini yang merasakan getirnya dipermalukan United 5 tahun lalu diantaranya sang kapten, Jordan Henderson serta Roberto Firmino. Pun dengan United saat itu masih diperkuat nama-nama seperti Chris Smalling, Ander Herrera, Daley Blind, dan Wayne Rooney. Dua nama terkahir itu yang akhirnya jadi momok bagi Liverpool.

Pelatih MU saat itu, Louis van Gaal mencoba untuk mengalahkan taktik Juergen Klopp dengan menurunkan sejumlah pemain bertipikal bertahan di lini tengah. Mourinho menempatkan pemain seperti Morgan Schneiderlin, Marouane Fellaini, serta Ander Herrera untuk meredam agresivitas The Reds.

Jalannya pertandingan

Partai Liverpool vs Manchester United di Anfiel, 17 Januari 2016 ditonton langsung oleh pelatih Inggris kala itu, Roy Hodgson. Sejumlah pemain Inggris berusaha untuk menampilkan permainan terbaik, tak terkecuali Wayne Rooney.

Rooney saat itu puasa gol ke gawang Liverpool di Anfield selama 11 tahun. Pekan sebelumnya ia baru saja mencetak gol ke-176 melewati rekor yang dimilik eks bomber Arsenal, Thierry Henry.

Skuat United cukup percaya diri saat itu karena di pertemuan pertama di Old Trafford, Red Devils mampu pecundangi The Reds dengan skor 3-1. Namun saat laga berlangsung di babak pertama justru Liverpool yang mendominasi permainan.

Sky Sports

Roberto Firmino dan Jordan Henderson bikin repot pertahanan United. Dua peluang emas berhasil di dapat kedua pemain ini. Beruntung kiper David de Gea saat itu tengah berada di top perfomance.

Di babak kedua pun, Liverpool membuat pertahanan United cukup kesulitan. Emre Can misalnya mendapat peluang emas untuk membuat The Reds unggul, namun usahanya digagalkan oleh David de Gea.

Petaka untuk Liverpool datang di pertengahan babak kedua tepatnya di menit ke-78. Berawal dari sepa pojok yang diambil oleh Daley Blind, pemain Belanda itu menyodorkan umpan pendek ke Juan Mata.

Mata lepaskan umpan silang yang diterima oleh Fellaini. Pemain Belgia itu menyundul bola dan menerpa mistar gawang Liverpool. Bola muntah langsung disambar oleh Wayne Rooney dan tak bisa diantisipasi oleh Simon Mignolet. Gol Rooney bertahan hingga akhir pertandingan.

Kemenangan atas Liverpool jadi salah satu capaian tersendiri United dibawah pelatih Louis van Gaal. Di akhir musim 2015-16, United sukses finish di urutan kelima sedangkan Liverpool tercecer di posisi kedelapan.

LiverpoolManchester UnitedNostalgia Hari IniWayne Rooney