Nostalgia Hari Ini: Maracana, Stadion Megah Tak Bertuah untuk Brasil Dibuka

Football5star.com, Indonesia – Stadion Maracana adalah salah satu stadion paling bersejarah di dunia. Sayang, stadion megah ini tak bertuah untuk sang empunya, timnas Brasil.

Stadion Maracana adalah simbol kebesaran Brasil di dunia sepak bola. Pada masanya stadion ini menjadi salah satu stadion dengan kapasitas terbanyak dengan mampu menampung lebih dari 100 ribu penonton.

Pembangunan stadion untuk menyambut Piala Dunia 1950. Proyek ambisius ini memulai kontruksinya pada 1948 silam. Masa pembangunan selama dua tahun tidak cukup membuat Maracana sempurna.

@OldFootballPhoto

Maracana belum siap menggelar laga pembuka Piala Dunia 1950. Stadion masih kekurangan toilet dan prasarana lainnya. Para pekerja juga masih hilir mudik untuk menyelesaikan tugasnya.

Akan tetapi, hal tersebut tidak menjadi masalah berarti. Pihak Brasil tetap pede menggelar laga eksebisi untuk membuka stadion bersejarahnya tersebut. Tepat pada hari ini 60 tahun silam Maracana diresmikan dengan mempertandingkan Rio de Janeiro All-Star melawan Sao Paulo All-Star.

Bintang Fluminense, Valdir Pereira, adalah pembuat sejarah. Dia lah pemain pertama yang mencetak gol di Maracana.

Tempat Bersejarah Bagi Pele

Seiring berlangsungnya Piala Dunia 1950, Maracana adalah tempat kebanggaan warga Brasil. Sayang, kemegahan stadion berakhir antiklimaks untuk sang tuan rumah. Tim Samba gagal mengangkat Piala Dunia di rumahnya sendiri. Di final mereka dipermalukan Uruguay.

Kendati demikian, stadion yang sempat berganti nama menjadi Jornalista Mario Filho tetap menjadi tuah untuk legenda terbesar Tim Samba, Pele. Di sana lah ia membuat gol ke-1000 dalam karier sepak bolanya. Gol tersebut dibuat Pele pada tahun 1969.

Predikat simbol sepak bola Brasil pada stadion Maracana semakin kuat saat banyak klub memakainya sebagai kandang mereka. ada empat klub besar yang bermarkas di sana seperti Vaco da Gama, Botafogo, Flamengo, dan Fluminense.

Malta Today

Butuh waktu 54 tahun untuk negara Amerika Latin itu kembali ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia. Dan ketika menyambut Piala Dunia 2014, Maracana direnovasi menjadi lebih modern. Kapasitas tribun juga dikurangi untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan para penonton.

Namun lagi-lagi, Maracana tidak pernah bertuah untuk Tim Samba. Kegagalan Piala Dunia 1950 kembali terulang enam tahun lalu. Dan lebih menyakitkan lagi, stadion yang berada di Rio De Janeiro jadi saksi bisu kehancuran Brasil di tangan Jerman pada babak semifinal dengan skor 1-7.

BrasilNostalgia Hari IniPiala DuniaStadion Maracana