Nostalgia Hari Ini: Melegendanya Scorpion Kick Milik Rene Higuita

Football5star.com, Indonesia – Jika ada penjaga gawang yang selalu tampil eksentrik di lapangan, Rene Higuita lah orangnya. Higuita eksentrik bukan hanya karena penampilannya saja, tapi juga permainan.

Memang, Rene Higuita adalah seorang kiper. Artinya, pergerakan dia di lapangan tidak leluasa seperti pemain di posisi lain. Namun, bukan berarti dia tidak bisa menghibur dunia lewat aksi-aksi magisnya.

Berparas seram dengan rambut kritingnya yang gondrong, Higuita membuat dunia sepak bola tercengang. Hal ini setidaknya terjadi pada laga persahabatan Inggris vs Kolombia 25 tahun silam.

Pinterest

Bertempat di London, kiper yang ketika itu memperkuat klub Spanyol, Real Valladolid melakukan apa yang tak pernah dilakukan kiper mana pun di dunia. Dia mengeluarkan jurus scorpion kick untuk menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Momen itu terjadi saat dia hendak menghalau tendangan lambung Jamie Redknapp dari luar kotak penalti. Pada umumnya, kiper akan berusaha melompat untuk menangkap atau sekadar menepis bola dengan tangannya.

Tapi Rene Higuita berbeda. Dia justru melompat ke depan dan mengangkat kakinya ke belakang untuk menghalau bola tersebut.

Tak pelak, aksinya itu membuat seluruh penonton di stadion tercengang. Mereka bertepuk tangan melihat aksi akrobatik kiper lawan. Kemudian, pelatih timnas Inggris, Terry Venables tidak percaya dengan apa yang baru dia lihat.

“Saya belum pernah melihat yang seperti itu. Tapi kami tidak akan mengajarkan kiper kami tentang cara seperti itu sekali pun jika mereka berhasil,” kata Venables seperti dikutip Football5star dari BBC ketika itu.

“Kami serahkan itu padanya, dialah satu-satunya orang yang bisa melakukan trik seperti itu,” ia menambahkan. Rene Higuita ternyata punya julukan sendiri terkait penyelamatan akrobatik tersebut. Ia menyebutnya dengan scorpion kick, atau tendangan kalajengking.

Scorpion kick milik Higuita kemudian terpilih dalam daftar 100 momen olahraga sepanjang masa yang dirilis 2002 silam. Tepatnya berada di urutan ke-94.

Kendati tidak mampu mempersembahkan gelar selama pengabdiannya untuk timnas Kolombia, pria yang kini menjabat sebagai pelatih kiper Atletico Nacional telah membuktikan sebuah kemustahilan bisa dia lakukan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More