Nostalgia Hari Ini: Melihat Pemain Pertama yang Teken Kontrak di MLS

Football5star.com, Indonesia – Dalam beberapa tahun terakhir, Major League Soccer (MLS) jadi daya tarik tersendiri untuk banyak pemain. Tidak terkecuali pemain top dunia yang ingin menutup kariernya.

Pemain-pemain besar seperti Franz Beckenbauer dan Pele pernah meramaikan MLS. Pamor liga tertinggi Amerika Serikat kian nyata saat David Beckham berkostum LA Galaxy 2007 silam.

Terlepas dari faktor di atas, pamor MLS tidak naik dalam waktu sekejap. Bahkan pada awal-awal kemunculannya Liga Amerika Serikat itu masih kalah kelas dari kompetisi negara tetangga seperti Meksiko.

pinterest

Maklum saja, Major League Soccer termasuk kompetisi yang masih baru di dunia. MLS baru dibentuk pada 1996 silam. Dan sebelumnya Amerika Serikat tidak memiliki kompetisi yang kompetitif.

Walau baru bergulir 1996, MLS sudah dipersiapkan sejak setahun sebelumnya. Terbukti sudah terjadi penandatanganan kontrak pemain pada 1995.

Momen bersejarah itu pun terjadi tepat hari ini 26 tahun silam. Adalah Tab Ramos yang tercatat sebagai pemain pertama yang meneken kontrak profesional di MLS.

Tab Ramos menandatangani kontrak dengan New York MetroStars pada 1995. Tapi karena pihak liga belum siap memulai kompetisi, dia pun dipinjamkan selama semusim ke raksasa Meksiko, Tigres.

Dikontrak Federasi dan Pernah Main di LaLiga

Ada yang menarik dari sosok Tab Ramos. Walau lahir di Uruguay, dia sudah bermukim di Amerika Serikat sejak berusia 11 tahun. Tampil hebat bersama sekolahnya di New Jersey, ia sempat dipinang salah satu klub raksasa, New York Cosmos.

Pada 1989 ia menunjukkan kehebatan bersama Miami Sharks. Nama Ramos kian berkibar hingga menjadi salah satu dari beberapa pemain yang menandatangani kontrak dengan Federasi Sepak Bola Amerika Serikat (USSF) untuk bermain secara eksklusif bersama timnas dalam persiapan Piala Dunia 1990.

Usai Piala Dunia, USSF meminjamkan Tab Ramos ke klub Spanyol, Figueres. Empat tahun di Spanyol dia memperkuat dua tim, yakni Figueres dan Real Betis.

@NewYorkRedBulls

Kesuksesannya membawa Real Betis promosi ke LaLiga musim 1994-1995 berujung gelar pemain terbaik CONCACAF.  Pemain yang berposisi sebagai gelandang berada di puncak karier dan akan tampil di kasta tertinggi Liga Spanyol.

Sayang, cedera patah tulang yang dialami membuat dia absen lama. Dengan kondisi yang tak kunjung membaik, Real Betis melepasnya November 1994.

Cedera ini pula yang mengawali sejarah Tab Ramos. Ia pulang ke Amerika Serikat sebagai pemain pertama yang dikontrak Major League Soccer (MLS). Dan atas torehannya itu, ia jadi pesepak bola pertama yang namanya diabadikan di National Soccer Hall of Fame.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More