Nostalgia Hari Ini: Mimpi Timnas U-19 Indonesia ke Piala Dunia Kandas

Football5Star.com, Indonesia – Timnas U-19 Indonesia pernah nyaris main di Piala Dunia U-20 jauh sebelum 20201, tapi akhirnya mimpi itu kandas. Tepat pada 29 Oktober 2018 lalu, Timnas U-19 di bawah arahan Indra Sjafri harus mengakui keunggulan Jepang di perempat final.

Saat itu, Timnas U-19 yang diisi Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan memang diharapkan mampu berkiprah pada Piala Dunia U-20 2019 di Polandia. Mimpi itu sebenarnya sempat nyaris diraih anak asuh Indra Sjafri yang tinggal selangkah lagi ke semifinal Piala Asia U-19 2018. Diketahui, empat semifinalis akan lolos langsung ke turnamen akbar dunia itu.

Apalagi, Timnas U-19 Indonesia saat itu berlaga di depan publik sendiri, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Tapi sayangnya, impian itu harus kandas karena mereka takluk 0-2 dari Jepang berkat gol dari Shunki Higashi menit ke-40 dan Taisei Miyashiro menit ke-70.

Usai laga Indra Sjafri sendiri bangga dengan perjuangan Timnas U-19 saat itu. Dia menyebut kalau timnya bisa mengimbangi permainan Jepang. Apalagi secara permainan Timnas U-19 ini lebih baik daripada 2014 silam.

“Ini suasana berbeda dibanding 2014. Jauh berbeda. Bagaimana pun, kita tetap, siapa sih yang tidak sedih. Pemain sedih iya, tapi ada keyakinan diri, ooo level kita tidak di bawah Jepang,” ungkap Indra Sjafri usai laga.

“Pengamat dan lainnya wajar mengatakan kami kalah. Bagi saya no, sepak bola Indonesia tidak di bawah Jepang. Mereka (kalah) dengan kepala tegak. Perlu konsistensi dan komitmen makin lama makin siap untuk menjadi pemain senior siap pakai,” sambung dia.

Dipuji Pelatih Jepang

Memang, penampilan Timnas U-19 Indonesia saat itu lumayan baik. Bahkan pelatih Jepang U-19, Masanaga Kageyama, melempar pujian buat anak asuh Indra Sjafri. Dia bahkan menyebut ada potensi besar dari sepak bola Indonesia.

Dok. Antara

“Pemain Indonesia tidak takut kepada pemain lawan, kecepatan bagus. Sepakbola makin berkembang di negara ini, dan saya pikir Indonesia punya potensi untuk menjadi negara yang kuat di Asia,” kata Kageyama usai pertandingan.

Kageyama memang sudah beberapa kali bersua Indonesia. Saat menjadi nahkoda Singapura 2008 lalu, dia menyebut kalau Indonesia memang beberapa kali tampil mengejutkan.

“Mereka (Timnas U-19) tim yang sangat kuat. Kuat. Menurut saya. Sebelumnya saya pernah menjadi pelatih di Singapura pada 2008 dan saya melihat kekuatan utama dari Indonesia adalah kuat,” tutup dia.

Indra SjafriNostalgia Hari IniTimnas U-19 Indonesia