Nostalgia Hari Ini: Panggung Pertama Son Heung-min di Eropa

Football5star.com, Indonesia – 27 Oktober, 10 tahun lalu, talenta terbaik Korea Selatan (Korsel) saat ini, Son Heung-min jalani debut pertamanya di kompetisi Eropa. Son Heung-min rasakan panggung pertamanya di Eropa saat Hamburg bertandang ke markas Eintracht Frankfurt di ajang DFP Pokal.

32 tahun sebelum Son jalani debut bersama Hamburg SV, Cha Bum-kun jadi pemain Korsel pertama yang bermain di tanah Jerman. Kehadiran Son di Bundesliga sebenarnya tidak membuat kaget publik sepak bola Jerman. Senior Son yang lebih dahulu main di Jerman mampu tunjukkan penampilan terbaik.

Panggung Pertama Son Heung Min di Eropa2
bundesliga.com

Kedatangan Son ke Hamburg merupakan kesepakatan antara pihak klub dengan federasi sepak bola Korsel pada 2008. Kedua belah pihak sepakat di tahun itu akan mengoptimalkan Son hingga nantinya pada 2010 bisa menjalani laga debut bersama tim senior Hamburg di usainya 18 tahun.

Son lahir di Chuncheon, sebuah propinsi Gangwon, pada 8 Juli 1992. Dia mengawali mimpi menjadi pemain sepak bola profesional saat menimba ilmu di akademi sepak bola FC Seoul pada 2008.

Debut di DFB Pokal

Datang ke kota pelabuhan Hanseatic, Son yang berusia 16 tahun sudah memikat pelatih Hamburg kala itu, Armin Veh. Skill Son makin diperhatikan Veh di pramusim 2010. Armin Veh pun akhirnya memberi kesempatan untuk Son unjuk skill pada 27 Oktober 2010 di Commerzbank-Arena, markas Eintracht Frankfurt.

Son lakoni laga debutnya di Eropa sebagai pemain pengganti. Pada menit ke-62, Son masuk menggantikan bek Marcell Jansen. Sayangnya saat itu, Hamburg sudah tertinggal 4-1 dari Frankfurt. Meski begitu kehadiran Son setidaknya menambah daya gedor Hamburg.

Buktinya di menit ke-67, Hamburg bisa mencetak gol lewat aksi Mladen Petric. Meski di laga itu sendiri, Hamburg akhirya menyerah dengan skor 2-5 dari Frankfurt. Meski begitu hal itu tak menyurutkan kepercayaan Armin Veh kepada Son.

Tiga hari berselang, Son kembali dipercaya tampil oleh pelatih Hamburg saat itu, Armin Veh, pada laga Bundesliga kontra FC Koeln. Pada laga debutnya di Bundesliga itu, Son langsung mencetak gol ke gawang Koeln. Ia pun menjadi pencetak gol termuda sepanjang masa Hamburg.

Pada musim 2011-2012, Son mulai dipercaya menghuni skuad utama Hamburg. Dia melakoni 27 laga Bundesliga dan mencetak lima gol untuk Hamburg. Pada musim berikutnya, Son hanya sekali absen di liga lokal dan meningkatkan jumlah golnya menjadi 12 gol bagi Hamburg.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More